5933 レバラン休暇は終わった
Libur Lebaran Sudah Berakhir
https://www.youtube.com/shorts/5-oEz_43WTE
Asal Usul Mudik: Tradisi Pulang Kampung yang Tak Lekang Waktu #mudik #lebaran #budayaindonesia
ムディクの起源: 故郷に帰るという時代を超えた伝統 #mudik #lebaran #indonesianculture
Budaya Mudik Sudah Berubah: Sungkeman Memudar dan Kini Ada Flexing.
イードのために帰省する文化が変化:スンケマンは衰退し、今は自慢する文化がある。
Pakar Sosiologi Pedesaan IPB University, Prof Dr Sofyan Sjaf mengungkapkan sejumlah faktor yang memengaruhi perbedaan mudik zaman dulu dan sekarang. Foto: Dok. Istimewa
Mudik sudah berubah. Tak seperti dahulu yang begitu sakral, kini mudik malah buat jadi ajang flexing.
IPB大学の農村社会学の専門家、ソフィアン・シャフ教授は、過去と現在の帰郷の違いに影響を与えるいくつかの要因を明らかにした。写真: Doc.特別
ホームカミングは変わりました。以前はとても神聖だったのに、今では家に帰ることは誇示のためのイベントになっている。
Menurut pakar Sosiologi Pedesaan IPB University, Prof Dr Sofyan Sjaf seperti dalam siaran pers IPB University, Selasa (8/4), tradisi mudik yang telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman.
IPB大学の農村社会学の専門家であるソフィアン・シャフ教授は、火曜日(8月4日)のIPB大学のプレスリリースで引用されているように、インドネシア文化の一部となっている帰省の伝統は時代とともに変化し続けていると述べています。
Sofyan Sjaf mengungkapkan sejumlah faktor yang memengaruhi perbedaan mudik zaman dulu dan sekarang.
ソフィアン・シャフ氏は、過去と現在の帰郷の違いに影響を与えるいくつかの要因を明らかにした。
Motivasi Mudik: Dari Tradisi ke Fleksibilitas Modern
帰郷の動機: 伝統から現代の柔軟性へ
Menurut Prof Sofyan, motivasi utama orang untuk mudik pada masa lalu lebih berakar pada tradisi yang kuat. Dulu, mudik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut.
ソフィアン教授によると、過去に人々が故郷に戻った主な動機は、強い伝統に根ざしていたという。昔、イードのために帰省することは、特に高齢者にとって、人々の生活と切り離せない部分でした。
“Namun, dengan meningkatnya jumlah usia produktif serta kemajuan teknologi, tradisi ini mulai mengalami pergeseran,” ungkapnya.
「しかし、生産年齢層の増加と技術の進歩により、この伝統は変化し始めている」と彼は語った。
Lanjutnya, saat ini banyak masyarakat yang memilih merayakan Lebaran di tanah suci atau justru orang tua yang menghampiri anak di perantauan, bukan sebaliknya. Selain itu, biaya dan moda transportasi yang semakin beragam dan terjangkau juga turut mengubah pola mudik di masyarakat.
彼は続けて、現在では多くの人が聖地でイードを祝うことを選択したり、親が家を離れて暮らす子供たちに実際に近づいたりしており、その逆ではないと語った。さらに、交通費や交通手段の多様化と低価格化が進み、社会における帰省のパターンも変化しています。
Foto udara sejumlah kendaraan pemudik melaju perlahan di Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Minggu (6/4/2025). Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Budaya Flexing dan Pergeseran Nilai Sosial
日曜日(2025年6月4日)、西ジャワ州カラワンのチカンペック・ウタマ料金所をゆっくりと走行する多数の帰宅車両の航空写真。写真: ANTARA PHOTO/バユ・プラタマ・S
文化の柔軟性と社会的価値観の変化
Ia juga menyoroti perubahan dalam cara seseorang menunjukkan kesuksesan saat mudik. Jika dahulu mudik lebih berorientasi pada silaturahmi dan refleksi perjalanan hidup, kini banyak yang menjadikannya sebagai ajang flexing atau pamer keberhasilan melalui media sosial.
彼はまた、人々が家に帰ったときに成功を示す方法の変化についても強調した。かつての帰郷は、友情を深めたり、人生の旅を振り返る場として重視されていましたが、現在では多くの人が、ソーシャルメディアを通じて自分の成功を誇示したり、自慢したりする機会として利用しています。
“Budaya materialisme saat ini semakin tinggi, dan kearifan lokal yang dulu kental dalam tradisi mudik mulai terkikis. Banyak orang kini lebih menonjolkan pencapaian mereka di media sosial dibandingkan nilai-nilai tradisional mudik,” jelasnya.
「現在、物質主義の文化が高まっており、かつては故郷に帰る伝統が強かった地元の知恵が失われ始めています。今では多くの人が、故郷に帰るという伝統的な価値観よりも、ソーシャルメディアでの成果を強調しています」と同氏は説明した。
Perubahan Aktivitas Pemudik di Kampung Halaman
故郷における旅行者の活動の変化
“Dulu, silaturahmi dilakukan dengan berkunjung dari rumah ke rumah sanak saudara dan tetangga. Sekarang, masyarakat cenderung berkumpul di satu tempat, seperti lokasi wisata atau tempat tertentu untuk mengadakan halal bihalal,” ujar Prof Sofyan.
「昔は、シラトゥラミは親戚や近所の家を回って行われていました。今では、人々は観光地や特定の場所など、一か所に集まってハラール・ビハラールを行う傾向があります」とソフィアン教授は語った。
Selain itu, sebutnya, budaya sungkeman yang dulunya menjadi ciri khas Lebaran juga mulai berkurang, tergantikan oleh komunikasi melalui media sosial.
さらに、かつてはイードの特徴であったスンケマン文化も衰退し始めており、ソーシャルメディアを通じたコミュニケーションに取って代わられていると彼は述べた。
Perbedaan Moda Transportasi
交通手段の違い
Menurut Prof Sofyan, pada masa lalu kendaraan umum menjadi pilihan utama. Saat ini, semakin banyak orang yang menggunakan kendaraan pribadi, sehingga menyebabkan peningkatan kemacetan di jalur mudik.
ソフィアン教授によると、以前は公共交通機関が主な選択肢だったという。最近は自家用車を利用する人が増えており、帰省ルートの渋滞も増えています。
Lebih jauh, ia menekankan bahwa budaya mudik memiliki dampak ekonomi yang signifikan bagi desa. “Mudik mampu meningkatkan daya beli masyarakat dan mendorong perputaran uang di desa. Para pelaku usaha di daerah dapat meraup keuntungan lebih besar selama musim mudik,” jelasnya.
さらに、帰省文化が村に大きな経済的影響を与えていると強調した。 「帰省は人々の購買力を高め、村内のお金の循環を促進する。地域のビジネス関係者は帰省シーズン中に大きな利益を得ることができる」と彼は説明した。
Ia juga mengingatkan bahwa tren migrasi dari desa ke kota masih menjadi tantangan besar, karena banyak masyarakat desa yang masih menganggap kota sebagai pusat aktivitas.
彼はまた、多くの農村コミュニティが依然として都市を活動の中心とみなしているため、村から都市への移住傾向は依然として大きな課題であると指摘した。
“Untuk itu, negara harus fokus menitikberatkan pendekatan cara membangun desa lebih baik dan lebih sistematis agar potensi sumber daya di pedesaan tidak terus berkurang,” tutupnya.
「そのためには、国は農村地域の資源の潜在力が低下し続けないように、村落建設に対するより優れた、より体系的なアプローチを強調することに重点を置く必要がある」と彼は結論付けた。
https://www.youtube.com/watch?v=XFlHjJKwM2w
Lalu Lintas Jakarta Padat Usai Lebaran, Jutaan Kendaraan Kembali dari Mudik
ジャカルタの交通渋滞、イード明けで何百万台もの車が帰省から戻る
Lebih dari satu juta kendaraan roda empat telah kembali ke Jakarta setelah mudik Lebaran 2025 atau Idul Fitri 1446 Hijriah yang jatuh pada 31 Maret 2025. Pada periode 31 Maret - 5 April 2025, perusahaan pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 1.194.225 kendaraan telah masuk kembali ke wilayah ibu kota dan sekitarnya.
2025年3月31日に当たる2025年のイード・ホームカミング(イード・アル・フィトル1446ヒジュラ暦)の後、100万台を超える四輪車がジャカルタに戻ってきた。2025年3月31日から4月5日までの期間に、有料道路管理会社PT Jasa Marga (Persero) Tbkは、1,194,225台の車両が首都とその周辺に戻ったと記録した。
Jumlah tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas di empat Gerbang Tol (GT) Utama. "Yaitu GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa), GT Kalihurip Utama dan GT Fungsional Japek II Selatan (dari arah Bandung), GT Cikupa (dari arah Merak), dan GT Ciawi (dari arah Puncak)," kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana melalui keterangan tertulis pada Senin, 7 April 2025.
この数値は、4 つの主要な料金所 (GT) における交通量の累積値です。 「具体的には、チカンペック・ウタマGT(トランスジャワ方面から)、カリフリプ・ウタマGTとジャペックIIスラタン・ファンクショナルGT(バンドン方面から)、チクパGT(メラク方面から)、チアウィGT(プンチャック方面から)です」と、ジャサ・マルガのコーポレートコミュニケーションおよびコミュニティ開発グループの責任者、リシエ・オクタヴィアナ氏は2025年4月7日(月)の書面声明で述べた。
Menurut Lisye, total volume lalu lintas yang kembali ke wilayah Jakarta dan sekitarnya meningkat 49,8 persen dari hari biasa. Normalnya, rata-rata volume lalu lintas di ruas jalan tol wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) mencapai 797.033 kendaraan.
リシエ氏によれば、ジャカルタ地域とその周辺地域に戻る交通量の合計は通常日に比べて49.8%増加した。通常、ジャカルタ、ボゴール、タンゲラン、ブカシ(ジャボタベク)地域の有料道路の平均交通量は 797,033 台に達します。
Jasa Marga menyampaikan tol dari arah timur, yaitu dari Tol Trans Jawa dan Bandung, menjadi ruas paling padat di periode arus balik kali ini. Totalnya, ada 662.945 kendaraan melintas dari jalan tol arah timur Jabotabek atau 55,5 persen dari total volume kendaraan arus balik Lebaran 2025.
ジャサ・マルガ氏は、今回の復路期間中、東からの有料道路、すなわちトランスジャワ有料道路とバンドン有料道路が最も混雑した区間だったと述べた。ジャボタベック東部の有料道路を通過した車両は合計662,945台で、2025年のイード・アル=フィトルから戻る車両総量の55.5%に相当します。
https://www.youtube.com/watch?v=cpqoiymE_J8
Kualitas Udara Jakarta Saat Lebaran 2025 Lebih Bersih daripada 2024
2025年のイード期間中のジャカルタの空気の質は2024年よりもきれいになる
Dinas Lingkungan Hidup Jakarta mencatat kualitas udara di Jakarta saat periode Lebaran 2025 lebih bersih daripada tahun sebelumnya. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Khusus Jakarta Asep Kuswanto mengatakan kualitas udara masuk kategori baik pada hari pertama Idul Fitri, namun pada hari kedua sedikit ada peningkatan.
ジャカルタ環境局は、2025年のイード期間中のジャカルタの空気の質は前年よりもきれいだったと指摘した。ジャカルタ特別地域環境サービスの責任者アセップ・クスワント氏は、イード・アル=フィトルの初日の空気の質は良好だったが、2日目には若干の改善が見られたと述べた。
“Data juga menujukan bahwa konsentrasi polutan saat Idul Fitri tahun 2025 lebih rendah dibandingkan tahun 2023 dan 2024,” tutur Asep dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 8 April 2025.
「データはまた、2025年のイード・アル=フィトル期間中の汚染物質の濃度が2023年や2024年に比べて低いことを示している」とアセップ氏は2025年4月8日火曜日の書面声明で述べた。
Asep menjelaskan, pemantauan kualitas udara dilakukan pada periode 24 Maret-6 April 2025. Pengamatan dilakukan oleh Stasiun Pemantauan Kualitas Udara berdasarkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) dengan melihat kadar Particulate Matter kurang dari 2.5 mikrometer (PM2.5).
Asepは、大気質の監視は2025年3月24日から4月6日までの期間に実施されたと説明した。観測は、大気汚染物質基準指数(ISPU)に基づき、2.5マイクロメートル未満の粒子状物質(PM2.5)のレベルを調べることで、大気質監視ステーションによって実施された。
Menurut data, kata Asep, konsentrasi PM2.5 paling tinggi pada 26 dan 27 Maret karena hari-hari terakhir sebelum cuti bersama. Aktivitas masyarakat terlihat semakin tinggi sebelum libur panjang.
アセップ氏は、データによると、PM2.5濃度が最も高かったのは3月26日と27日で、これは共同休暇前の最終日だったためだと述べた。長期休暇を前に、コミュニティ活動が増加しているようです。
Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup, rata-rata PM2.5 di Jakarta pada tanggal 26 dan 27 Maret pada angka sekitar 30-an mikrogram per meter kubik. Lalu pada 28 Maret turun ke angka 10 mikrogram per meter kubik. Pada 29 Maret di bawah 10 mikrogram per meter kubik, namun pada 30 Maret sedikit naik di atas 10 mikrogram per meter kubik.
環境局のデータによると、3月26日と27日のジャカルタのPM2.5の平均濃度は1立方メートルあたり約30マイクログラムだった。その後、3月28日には1立方メートルあたり10マイクログラムまで減少しました。 3月29日には1立方メートルあたり10マイクログラムを下回っていたが、3月30日には1立方メートルあたり10マイクログラムをわずかに上回った。
Pada tanggal 31 Maret atau hari pertama Hari Raya Idul Fitri, PM2.5 tercatat 9,67 mikrogram per meter kubik. Hari kedua Lebaran pada 1 April, naik lagi di atas 10 mikrogram per meter kubik.
3月31日、イード・アル=フィトルの初日には、PM2.5は1立方メートルあたり9.67マイクログラムと記録された。 4月1日のイードの2日目には、再び1立方メートルあたり10マイクログラムを超えた。
Asep mengatakan, konsentrasi PM 2.5 meningkat pada H+4 dan H+5 lebaran karena aktivitas masyarakat kembali lagi setelah mudik. Angka PM2.5 yang tercatat sekitar 30 mikrogram per meter kubik.
アセップ氏は、人々が帰宅して活動を再開したため、イードの4日目と5日目にPM 2.5の濃度が上昇したと述べた。記録されたPM2.5の数値は1立方メートルあたり約30マイクログラムでした。
“Pola ini penting untuk terus kami pantau setiap tahunnya, agar kebijakan pengendalian emisi bisa lebih tepat sasaran dan waktu,” katanya.
「排出抑制政策をより的確かつタイムリーに実施できるよう、このパターンを毎年監視し続けることが重要だ」と同氏は述べた。
Jika dibandingkan pada tahun 2024, H-5 lebaran tercatat PM2.5 di angka 60 mikrogram per meter kubik. Angka tersebut jauh di atas standar baku mutu kualitas udara.
2024年イード月5日と比較すると、PM2.5は1立方メートルあたり60マイクログラムと記録されました。この数値は空気の質の基準をはるかに上回っています。
Namun pada H-4 menurun menjadi 40 mikrogram per meter kubik, pada H-3 di atas 30 mikrogram per meter kubik, pada H-2 dan H-1 sekitar 30 mikrogram per meter kubik. Lalu pada hari pertama lebaran tercatat 38,52 mikrogram per meter kubik, pada hari kedua turun menjadi 20 mikrogram per meter kubik.
しかし、D-4 では 1 立方メートルあたり 40 マイクログラムに減少し、D-3 では 1 立方メートルあたり 30 マイクログラムを超え、D-2 と D-1 では 1 立方メートルあたり約 30 マイクログラムでした。その後、イードの初日には1立方メートルあたり38.52マイクログラムが記録され、2日目には1立方メートルあたり20マイクログラムまで減少しました。
Asep Kuswanto mempersilakan kepada masyarakat untuk memantau langsung kualitas udara Jakarta secara real time melalui situs udara.jakarta.go.id. Ini juga bisa digunakan untuk upaya preventif ketika kualitas udara memburuk.
アセップ・クスワント氏は、udara.jakarta.go.idのウェブサイトを通じてジャカルタの空気の質をリアルタイムで直接監視するよう一般市民に呼びかけた。空気質が悪化した場合の予防対策としても活用できます。
“Dengan mengetahui data dan informasi dari fitur dalam website tersebut, nantinya warga Jakarta dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil,” ucapnya.
「ウェブサイトの機能からデータや情報を知ることで、ジャカルタの住民は取るべき措置を知ることができるだろう」と彼は語った。
https://www.youtube.com/watch?v=_DTSlynkh8k
Tarif Impor AS: Amerika Serikat Sangat Bergantung kepada Indonesia untuk Produk Ini.
米国の輸入関税:米国はこれらの製品をインドネシアに大きく依存している。
Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) menilai penerapan kebijakan resiprokal atau tarif timbal balik 32% yang ditetapkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terhadap Indonesia harus menjadi momen perbaikan produksi dalam negeri.
インドネシア輸出企業家協会(GPEI)は、ドナルド・トランプ米大統領がインドネシアに対して設定した相互政策、すなわち32%の相互関税の実施は、国内生産を改善する好機となるはずだと評価した。
Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia Khairul Mahalli, kepada Bisnis belum lama ini.
これはインドネシア輸出企業家協会の会長であるカイルル・マハリ氏が最近ビスニスに伝えたものである。
Khairul menjelaskan, meskipun Donald Trump menerapkan kebijakan tersebut, sebenarnya untuk beberapa jenis produk Negeri Paman Sam tersebut sangat tergantung terhadap Indonesia.
カイルル氏は、ドナルド・トランプ氏がこの政策を実施したにもかかわらず、実際にはいくつかの種類の製品に関して、米国はインドネシアに大きく依存していると説明した。
“Salah satunya mereka itu tergantung dengan Indonesia untuk produk rempah,” ungkapnya.
「その一つは、スパイス製品をインドネシアに依存していることだ」と彼は語った。
Negara tersebut kata dia tidak memiliki Sumber Daya Alam yang memadai untuk memproduksi aneka produk rempah.
同氏によると、同国にはさまざまなスパイス製品を生産するのに十分な天然資源がないという。
“Jahe, pala, cengkeh, kunyit dan produk rempah lain itu mereka tergantung terhadap kita,” jelasnya.
「ショウガ、ナツメグ、クローブ、ターメリック、その他のスパイス製品は、私たちに依存しています」と彼は説明した。
Terlebih, ia menilai permintaan dari Amerika Serikat terhadap produk rempah Indonesia masih sangat tinggi. Sehingga hal itu seharusnya bisa menjadi kekuatan bagi produksi domestik tanah air di luar produksi manufaktur sebagai produk andalan ekspor.
さらに、インドネシアのスパイス製品に対する米国の需要は依然として非常に高いと彼は評価した。主力輸出品として製造業生産以外でも国内生産の強みとなることが期待されます。
“Jangan takut juga kita, kalau untuk produk manufaktur mungkin harus mulai bisa dijual ke negara-negara non tradisional seperti Afrika,” jelasnya.
「恐れることはない。我々はアフリカのような非伝統的な国々に工業製品を売り始めなければならない」と彼は説明した。
Selain itu, ia juga meminta pemerintah untuk mengevaluasi kinerja para pejabat Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) hingga duta besar yang seakan kecolongan informasi dari kebijakan Trump ini.
さらに、彼は政府に対し、トランプ大統領の政策に関する情報を知らされていないと思われる貿易担当官、インドネシア貿易促進センター(ITPC)、大使らの業績を評価するよう求めた。
"Sebenernya ini kan perlunya diplomasi ekonomi, kalau saya menyayangkan peranan duta besar kita untuk Amerika khususnya atase perdagangan kita yg ada di Amerika juga kementerian perdagangan kita. Terhadap kondisi yang ada ini kan heboh kalau sesuatu sudah terjadi. Sebenarnya kalau ada marketing intelejen juga diplomasi ekonomi . Hal ini kan perlu antisipasi, " jelasnya.
「実際、これは経済外交の必要性です。駐米大使、特に米国貿易担当官、そして貿易省の役割を後悔しているなら、です。現在の状況では、何かが起こったら大騒ぎになるでしょう。実際、諜報マーケティングがあれば、経済外交もあります。これは予測する必要があります」と彼は説明した。
Meski demikian, ia melihat ini sebagai tantangan untuk Indonesia agar bisa menurun sejumlah negara di ASEAN seperti Singapura, Malaysia dan Thailand yang mampu memperkuat mata uangnya masing-masing.
しかし、彼は、シンガポール、マレーシア、タイなど、それぞれの通貨を強化できる多くのASEAN諸国にインドネシアが加わることができるかどうかは課題であると考えている。
"Kita harus menguatkan posisi rupiah kita. Apapun perdagangannya impor ke Indonesia juga harus menggunakan rupiah. Coba lihat Thailand Malaysia Singapura mata uang mereka itu tetap di kokoh kan diperkuat," imbuhnya.
「我々はルピアの立場を強化しなければならない。貿易が何であれ、インドネシアへの輸入にもルピアが使われるべきだ。タイ、マレーシア、シンガポールを見ればわかる。これらの国の通貨は依然として強く、強化されている」と彼は付け加えた。
家のそばのささやかな桜並木
トランプ 対策 休暇終了
※コメント投稿者のブログIDはブログ作成者のみに通知されます