6060 早速、住処。側近の会社に出かけて行って、昨日から、また来たよと、言いに行った。
通勤は、チカランティムールからMM2100間だが、有料道路を使わない。
家から、南進して、メイカルタ、リッポチカラン、EJIP,そしてMM2100に入る。2日通っただけだが、50分くらいかかる。
私が15年ほど前に、作って与えた内外径自動チェックシステム。4ラインで使っている。
https://www.youtube.com/watch?v=bnVv4F-1ViM
🇮🇩 KERETA CEPAT KOMODO MERAH Desain Mewah & Kecepatan
🇮🇩 レッド・コモド高速鉄道 豪華なデザインとスピード
Di video kali ini, kita akan mengulas secara lengkap Kereta Cepat Komodo Merah atau Petir Merah, ikon baru transportasi Indonesia yang memadukan kecepatan, desain mewah, dan teknologi modern. Dengan warna asli merah dan abu-abu yang elegan, kereta ini menjadi simbol kemajuan bangsa 🇮🇩.
この動画では、スピード、豪華なデザイン、そして最新技術を融合させたインドネシア交通の新たな象徴、レッド・コモド高速鉄道(通称:ペティル・メラ(赤い稲妻))を徹底的にご紹介します。エレガントな赤とグレーのオリジナルカラーが特徴のこの列車は、国の進歩を象徴しています🇮🇩。
Simak pembahasan mulai dari desain eksterior, interior mewah, performa kecepatan tinggi, hingga momen spesial peluncuran di showroom bergaya Inggris yang penuh dengan tokoh terkenal Indonesia. Jangan lewatkan setiap detilnya, karena ini adalah salah satu pencapaian besar Indonesia di dunia transportasi modern!
外観デザイン、豪華な内装、高速性能、そしてインドネシアの著名人が詰めかけた英国風ショールームでの特別な発表会の様子まで、見どころ満載です。インドネシアが現代交通の分野で成し遂げた偉業の一つ、レッド・コモド高速鉄道の魅力を、ぜひご覧ください!
Ya mungkin kemampuanya masih sampe disitu kali yaaa, jadi harap dimaklumi aja.... dan intinya tetap bersukur aja, karna masih banyak dinegara lain keretanya masih byk yg jadul
まあ、彼らの能力はまだ限られているのかもしれないので、どうかご理解ください…、そして重要なのは、他の多くの国では未だに旧式の電車が走っていることに感謝することです
Dari segi kereta yang dulu sampai kereta modern ttep saja desain nya kuno pada kaga bisa ngedesain yg bnr2 modern apa.,, itu macam desain modern sperti apa?yg saya lihat tu kya model kreta cepat sprti India udh jadul.
古い電車から現代の電車に変わっても、デザインは相変わらず旧式です。真に現代的なものを設計することができません。一体どんな現代的なデザインなのでしょうか?私が見ているのは、インドのような高速鉄道モデルで、すでに時代遅れです。
https://www.youtube.com/watch?v=7XWioD6Vwo0
Jelang Pembuatan Saluran, Air Dampak Pembangunan Waduk Cawang Disedot
運河建設に先立ち、チャワン貯水池建設の影響を受けた水が排水されました
Proyek Pembangunan Saluran Air di Cawang Jakarta Timur.
東ジャカルタ、チャワンにおける水路建設工事。
Para pengendara diimbau untuk menghindari Jalan DI Panjaitan ruas Cawang yang mengarah ke Kebon Nanas, Jakarta Timur, guna menghindari kemacetan akibat proyek pembangunan saluran air.
水路建設工事による渋滞を避けるため、チャワンのジャラン・ディ・パンジャイタン通りから東ジャカルタ、ケボン・ナナス方面へ向かう際は、通行を控えるよう勧告されています。
Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur tengah membangun saluran menggunakan metode jacking di kawasan tersebut.
東ジャカルタ水資源局(SDA)は現在、当該地域でジャッキング工法を用いて水路建設工事を行っています。
Pekerjaan ini menyebabkan penyempitan lajur yang dapat memicu kepadatan lalu lintas.
この工事により車線が狭くなり、交通渋滞につながる可能性があります。
“Untuk meminimalisir kepadatan, kami sudah melakukan rekayasa lalu lintas mulai dari depan Gedung Wika hingga jelang putaran jalan atau U-Turn Cawang Baru,” ujar Staf Seksi Lalu Lintas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Dedy, dalam keterangan tertulis, Senin (11/8/2025).
「渋滞を最小限に抑えるため、ウィカビル前からチャワン・バルUターンへのアプローチまで交通工学を実施しました」と、東ジャカルタ交通局交通課の職員であるデディ氏は、2025年8月11日(月)の書面声明で述べました。
Kepala Seksi Pembangunan Suku Dinas SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri, menjelaskan bahwa persiapan pembangunan dimulai dari samping Underpass Cawang hingga simpang Kalimalang.
東ジャカルタSDA支部建設課長のテンク・サウギ・ジクリ氏は、チャワン地下道脇からカリマラン交差点まで工事準備が始まっていると説明した。
Tahap pertama proyek dimulai di depan Park Hotel Cawang dan berakhir di tahap kedelapan di depan Gedung Brantas Abipraya 2.
プロジェクトの第1フェーズはパークホテル・チャワン前から始まり、第8フェーズでブランタス・アビプラヤ2ビル前で終了する。
Pembangunan crossing akan dibagi menjadi lima tahap, dengan pengerjaan dilakukan pada malam hari pukul 22.00–04.00.
横断歩道の建設は5つのフェーズに分かれており、作業は午後10時から午前4時までの夜間に行われる。
Pengendara disarankan untuk mencari jalur alternatif guna menghindari kemacetan, terutama pada jam sibuk, selama proyek ini berlangsung.
このプロジェクト期間中、特にラッシュアワー時の渋滞を避けるため、運転者は別のルートを探すよう勧告されている。
"Pekerjaan fisik penggalian rencananya dimulai 30 Agustus-22 Desember 2025," kata Tengku.
テンク氏は、「掘削工事は8月30日に開始され、2025年12月22日に終了する予定です」と述べた。
https://www.youtube.com/watch?v=80Q3D4vdt0A
Pemerintahan Presiden Prabowo Revisi Kebijakan Strategis Era Jokowi
プラボウォ大統領政権、ジョコウィ政権の戦略政策を見直し
Perbandingan APBN Proyek IKN era Jokowi dan Prabowo.
ジョコウィ政権とプラボウォ政権におけるインドネシア首都(IKN)プロジェクトへの国家予算の比較
Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) pada masa kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dipastikan bakal terus berlanjut. Di mana, konstruksi pembangunan bakal ibu kota baru Indonesia itu masih akan didukung oleh injeksi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).
プラボウォ・スビアント大統領の下、インドネシア首都(IKN)の開発は確実に継続される。提案されている新首都の建設は、引き続き国家予算(APBN)からの資金投入によって支援される。
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono juga telah memastikan bahwa tidak akan ada moratorium pembangunan IKN semasa kepemimpinan Presiden ke-8 Prabowo Subianto.
インドネシア首都庁(OIKN)長官のバスキ・ハディムルジョノ氏も、第8代プラボウォ・スビアント大統領の指揮下ではIKN開発の一時停止措置は取らないことを確認した。
"Dari Istana disampaikan bahwa tidak akan ada moratorium, dan pembangunan IKN justru dipercepat," jelas Basuki dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (11/8/2025).
「王室は一時停止措置は取らないと伝えており、IKN開発はむしろ加速されるだろう」と、バスキ氏は月曜日(2025年8月11日)に引用された書面声明で説明した。
Adapun saat ini, pembangunan IKN difokuskan pada pengembangan Kawasan Legislatif dan Yudikatif. Hal itu dilakukan guna melengkapi area Kawasan Eksekutif yang telah dibangun pada masa kepemimpinan Presiden ke-7 Indonesia yakni Joko Widodo (Jokowi).
現在、インドネシア首都圏開発は、立法・司法地区の開発に重点を置いています。これは、インドネシア第7代大統領ジョコ・ウィドド(ジョコウィ)政権時代に建設された行政地区を補完するために行われました。
Berdasarkan catatan Bisnis, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan bahwa lelang pengadaan proyek Kawasan Legislatif dan Yudikatif di IKN itu direncanakan akan dilaksanakan pada tahun depan.
ビスニスの記録によると、インドネシア首都圏(OIKN)の施設・インフラ担当副官であるダニス・H・スマディラガ氏は、IKNにおける立法・司法地区プロジェクトの調達入札は来年実施される予定であると説明しました。
Hal itu dilakukan sembari menunggu proses politik anggaran tahun kedua Prabowo rampung dirumuskan.
これは、プラボウォ氏の2年目の予算プロセスの完了を待つ間に行われます。
"Ruang lingkupnya ya [yang akan ditender tahun depan], satu pembangunan gedung yudikatif dan legislatif, itu 7 paket pekerjaan, kemudian pekerjaan jalan untuk yudikatif, legislatif dan sekitarnya," jelasnya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Selasa (8/7/2025).
「(来年入札される予定の)範囲は、7つの作業パッケージからなる司法・立法府の建物の建設と、司法、立法、および周辺地域の道路建設です」と、スマディラガ氏は火曜日(2025年7月8日)にインドネシア下院議事堂で行われた会見で説明しました。
Butuh APBN Rp48,8 Triliun hingga Akhir Kepemimpinan Prabowo
OIKN mengungkap bahwa kebutuhan anggaran pembangunan IKN hingga ujung masa kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto atau tepatnya pada 2028 bakal mencapai Rp48,8 triliun. Di mana, kebutuhan anggaran itu telah disetujui dan telah mendapat komitmen langsung dari Presiden Prabowo.
プラボウォ大統領の任期満了まで、国家予算に48.8兆ルピア必要
OIKNは、プラボウォ・スビアント大統領の任期満了まで、つまり2028年までのIKN開発に必要な予算が48.8兆ルピアに達すると発表しました。この予算要件は承認されており、プラボウォ大統領から直接の確約を得ています。
Dalam informasi terbarunya, kebutuhan anggaran Rp48,8 triliun itu tak hanya digunakan untuk mendukung pembangunan kawasan legislatif dan yudikatif saja, melainkan juga akan digunakan untuk merealisasikan pembangunan kawasan perkantoran hingga hunian di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)
最新情報によると、48.8兆ルピアの予算要件は、立法・司法分野の開発支援だけでなく、中央政府中核地域(KIPP)のオフィスエリアと住宅エリアの開発にも充てられる予定です。
"Sampai dengan tahun 2028, kebutuhan anggaran Otorita IKN yang sudah disetujui Bapak Presiden [Prabowo Subianto], sudah lama sejak Januari itu adalah Rp48,8 triliun," jelasnya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI, Selasa (8/7/2025).
「1月以来、プラボウォ・スビアント大統領によって承認されている2028年までのIKN庁の予算所要額は48兆8000億ルピアです」と、同氏は2025年7月8日(火)に行われたインドネシア下院第2委員会(DPR RI)の公聴会で説明した。
Perinciannya, sepanjang tahun ini, OIKN mendapat alokasi anggaran senilai Rp14,4 triliun yang digunakan untuk mengeksekusi sejumlah proyek di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, mulai dari jalan hingga kawasan legislatif.
具体的には、IKN庁は今年度14兆4000億ルピアの予算配分を受けており、これは道路から立法府に至るまで、IKNの中央政府中核地域(KIPP)における複数のプロジェクト実施に使用される。
Kemudian, pada 2026, OIKN mengungkap memerlukan kebutuhan anggaran pokok mencapai Rp17,08 triliun. Akan tetapi, pada tahun depan, OIKN bakal mendapat tambahan alokasi anggaran sebesar Rp4,1 triliun yang berasal dari sisa alokasi anggaran tambahan pada TA 2025.
その後、IKNは2026年度に17兆8000億ルピアの基本予算所要額が必要であると明らかにした。しかし、来年、OIKNは2025年度の残りの追加予算配分から4兆1000億ルピアの追加予算配分を受ける予定である。
Dengan demikian, total alokasi APBN untuk OIKN melaksanakan pembangunan pada tahun anggaran 2026 sebesar Rp21,18 triliun. Meski demikian, pagu indikatif yang diterima OIKN untuk TA 2026 baru sebesar Rp5,05 triliun.
これにより、2026年度におけるOIKN開発のための国家予算総額は21兆1,800億ルピアとなります。しかしながら、OIKNが2026年度に受け取る予算の目安はわずか5兆500億ルピアです。
Alhasil, Basuki mengusulkan agar Presiden Prabowo Subianto kembali menyuntikkan tambahan anggaran sebesar Rp16,13 triliun untuk memenuhi kebutuhan anggaran tahun depan.
そのため、バスキ氏はプラボウォ・スビアント大統領に対し、来年度の予算要件を満たすために16兆1,300億ルピアの追加投入を提案しました。
"Kami membutuhkan anggaran dari Rp5,05 triliun, ditambah Rp16,13 triliun," ujarnya.
「5兆500億ルピアに加え、16兆1,300億ルピアの予算が必要です」とバスキ氏は述べました。
Lebih lanjut, pada 2027, OIKN mengungkapkan bahwa pihaknya memerlukan alokasi anggaran sebesar Rp14,64 triliun untuk melanjutkan sejumlah proyek multi years contract, sedangkan sisanya pada 2028 dibutuhkan anggaran Rp2,68 triliun.
さらに、OIKNは、2027年には複数の複数年契約プロジェクトを継続するために14兆6,400億ルピアの予算配分が必要であり、残りの2兆6,800億ルピアは2028年に必要であると明らかにした。
APBN Buat IKN era Jokowi Tembus Rp89 Triliun
Apabila dibandingkan dengan komitmen guyuran APBN yang digulirkan oleh Presiden Prabowo Subianto untuk IKN sepanjang 5 tahun masa kepemimpinannya, realisasi kucuran belanja negara era Presiden ke-7 Jokowi lebih besar hampir dua kali lipat.
ジョコウィ政権下でのIKNへの国家予算は89兆ルピアを超える
プラボウォ・スビアント大統領が5年間の任期を通じてIKNに国家予算を支出すると約束していたのに対し、第7代ジョコウィ大統領の下での実際の国家支出はほぼ2倍に上る。
Berdasarkan catatan Bisnis, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mencatat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menelan anggaran mencapai Rp89 triliun sejak dimulai pembangunannya pada 2022 hingga periode akhir kepemimpinan Presiden Jokowi pada Desember 2024.
ビスニスの記録によると、公共事業省(PU)は、インドネシア首都(IKN)の建設に、2022年の着工からジョコウィ大統領の任期満了となる2024年12月までの期間で89兆ルピアの費用がかかったと記録している。
Wakil Menteri (Wamen) PU, Diana Kusumastuti menuturkan bahwa anggaran senilai Rp89 triliun itu tertuang dalam 109 paket pengerjaan yang terbagi ke dalam 3 tahap pengerjaan.
ディアナ・クスマストゥティ公共事業副大臣は、89兆ルピアの予算は3つのフェーズに分かれた109のプロジェクトパッケージに分割されていると述べた。