6041 Poin-Poin Kesepakatan Tarif antara Jepang dengan Amerika Serikat.
日米関税協定のポイント
https://www.youtube.com/watch?v=LRv8YJgG5NA
Presiden Amerika Serika Amerika Serikat Donald Trump kembali mengumumkan kesepakatan tarif dengan negara lain. Pada Selasa, 22 Juli 2025, Trump menyatakan telah mencapai kesepakatan tarif impor dengan Jepang sebesar 15 persen.
ドナルド・トランプ米大統領は、再び他国との関税協定を発表しました。2025年7月22日(火)、トランプ大統領は、日本との間で15%の輸入関税で合意したと述べました。
Tarif Turun Jadi 15 Persen関税は15%に引き下げ
Perdana Menteri Jepang mengatakan, tarif impor untuk kendaraan dan suku cadang ke Amerika Serikat turun dari 25 persen menjadi 15 persen. Hampir seperempat ekspor Jepang ke Negeri Abang Sam adalah otomotif. Nilai ekspor otomotif Jepang hampir tiga persen dari pertumbuhan ekonomi mereka. Berdasarkan US International Trade Administration, nilai ekspor otomotif Jepang ke Amerika Serikat pada 2019 mencapai USD 410 miliar.
日本の首相は、米国への自動車および部品の輸入関税を25%から15%に引き下げると述べました。日本の対米輸出の約4分の1は自動車であり、日本の自動車輸出額は日本の経済成長の約3%を占めています。米国国際貿易局(ITA)によると、2019年の日本から米国への自動車輸出額は4,100億ドルに達した。
Jepang Berinvestasi USD 550 miliar
日本、5,500億ドルを投資
Sebagai imbal balik penurunan tarif, Trump menyatakan, Jepang akan membenamkan investasi sebesar USD 550 miliar ke Amerika Serikat. Diperkirakan, Amerika Serikat akan memperoleh 90 persen dari total keuntungan investasi tersebut. Menurut Trump, investasi dari Negeri Sakura ini berpotensi menciptakan ratusan ribu lapangan kerja baru di Amerika Serikat. "Saya baru saja menandatangani perjanjian perdagangan terbesar dalam sejarah. Saya kira mungkin ini perjanjian perdagangan terbesar dengan Jepang," kata Trump seperti dikutip dari BBC.
トランプ大統領は、関税引き下げの見返りとして、日本が米国に5,500億ドルを投資すると述べた。米国は投資収益の90%を受け取ると推定されている。トランプ大統領によると、この日本からの投資は米国で数十万人の新規雇用を生み出す可能性があるという。「私は史上最大の貿易協定に署名したばかりだ。おそらく日本との貿易協定としては最大規模だろう」とトランプ大統領はBBCの報道を引用して述べた。
Investasi ini dilakukan untuk berbagai sektor mulai dari sektor infrastruktur dan produksi energi, semikonduktor, penambangan mineral langka, farmasi dan alat kesehatan, kapal komersial dan kapal perang.
この投資は、インフラやエネルギー生産、半導体、レアアース採掘、医薬品・医療機器、商船、軍艦など、様々な分野で行われている。
Beli 100 Pesawat Boeingボーイング機100機の購入
Dikutip dari siaran pers White House, Jepang juga berkomitmen membeli 100 unit pesawat Boeing. Namun, tidak dijelaskan spefisikasi pesawat Boeing yang akan dibeli. Selain pesawat, Jepang juga berkomitmen membeli alat-alat pertahanan dari Amerika Serikat.
ホワイトハウスのプレスリリースによると、日本はボーイング機100機の購入も約束している。しかし、購入予定のボーイング機の詳細は明らかにされていない。航空機に加え、日本は米国から防衛装備品も購入することを約束している。
Impor Beras Naik 75 Persen米の輸入が75%増加
Dalam kesepakatan itu, Jepang juga berkomitmen meningkatkan impor beras dari Amerika Serikat. Jepang bersedia meningkatkan impor beras sebesar 75 persen dari Amerika Serikat. Selain beras, Jepang juga akan mengimpor USD 8 miliar produk pertanian dari Amerika Serikat seperti kacang kedelai, jagung, pupuk, bioethanol dan bahan bakar aviasi.
今回の合意では、日本は米国からの米の輸入を増やすことも約束している。日本は米国からの米の輸入を75%増やす用意がある。米に加え、大豆、トウモロコシ、肥料、バイオエタノール、航空燃料など、80億ドル相当の農産物も米国から輸入することになる。
Trump sejak awal mengancam Jepang untuk meningkatkan impor beras dari Amerika Serikat. Salah satu alasannya karena Jepang mengalami kelangkaan beras. Namun, menurut Trump, perundingan dengan Jepang sempat alot sehingga dia tidak yakin akan mencapai kesepakatan itu.
トランプ大統領は当初から、米国からの米の輸入を増やすよう日本に圧力をかけてきた。その理由の一つは、日本が米不足に陥っていることだ。しかし、トランプ大統領によると、日本との交渉は難航しており、合意に至らないと確信しているという。
https://www.youtube.com/watch?v=hp8kBiAmQ0A
MRT Jalur Ancol Ditargetkan Beroperasi 2027, Progres Sudah 50%
MRTアンチョール線、2027年開業を目指し進捗50%
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengatakan perusahaan menargetkan pembangunan MRT hingga Ancol bisa mulai beroperasi 2027. MRT hingga Ancol ini merupakan perluasan jalur ke arah utara dari Bundaran HI.
PT MRTジャカルタ(ペルセロダ)のトゥヒヤット社長は、アンチョールへのMRTの開業を2027年とすることを目標にしていると述べた。アンチョールへのMRTは、ホテル・インドネシア・ラウンドアバウトから北への路線の延伸となる。
“Saat ini kami sedang memperpanjang jalur ke arah utara, Ancol sudah terhubung bawah tanah seluruhnya. Sekarang pembangunannya sudah berprogres 50%. Tahap demi tahap akan kami coba operasikan 2027,” kata Tuhiyat dalam Penandatanganan MoU di Stasiun MRT Lebak Bulus, Kamis (24/7).
トゥヒヤット社長は、7月24日(木)、ルバック・ブルスMRT駅で行われた覚書調印式で、「現在、路線を北に延伸しており、アンチョールは完全に地下化されています。工事の進捗率は50%です。2027年の開業を目指して段階的に進めていきます」と述べた。
Rute Ancol ini termasuk dalam Jalur MRT fase 2, terbagi dalam 2 tahap, yakni fase 2A dan fase 2B. Jalur fase 2A sepanjang 5,8 km terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yakni Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Sementara pembangunan MRT Jakarta fase 2 B sepanjang 6 km, menurut dia, akan memiliki dua stasiun yakni Mangga Dua dan Ancol, serta 1 depo di Ancol Barat.
アンチョール路線はMRT第2期の一部であり、第2A期と第2B期の2つのフェーズに分かれている。全長5.8キロメートルのフェーズ2A線は、タムリン駅、モナス駅、ハルモニ駅、サワ・ベサール駅、マンガ・ベサール駅、グロドック駅、コタ駅の7つの地下鉄駅で構成されています。一方、全長6キロメートルのフェーズ2BジャカルタMRTプロジェクトには、マンガ・ドゥア駅とアンチョール駅の2駅と、西アンチョール駅に車両基地が1つ建設される予定です。
Selain jalur Ancol, MRT Jakarta juga sedang membangun untuk rute Utara hingga Jakarta Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. “Mudah-mudahan ini bisa kami laksanakan sehingga dari Lebak Bulus sampai Kota dengan jarak 28 kilometer bisa ditempuh dalam waktu singkat,” ujarnya.
アンチョール線に加え、ジャカルタMRTはコタに至る北ジャカルタ路線も建設中で、2029年の完成を目指しています。「この路線を完成させることで、ルバック・ブルスからコタまでの28キロメートルの路線を短期間で完成させることができると期待しています」と同氏は述べました。
Sembari menyelesaikan jalur Ancol dan Kota, MRT Jakarta juga secara paralel akan memulai tahap konstruksi jalur MRT arah timur ke barat, yakni rute Medan Satria sampai Tomang lalu dilanjutkan ke Kembangan.
アンチョール線とコタ線の完成と並行して、ジャカルタMRTはメダン・サトリアからトマンまでの東西MRT路線の建設も開始し、その後クンバンガンまで延伸する予定です。
“Ini kurang lebih sekitar 25 kilometer, (jalur) campuran elevasi dan bawah tanah. Ini kami targetkan selesai di 2032, namun mungkin juga operasikan akan dilakukan secara bertahap,” ucapnya.
「これは約25キロメートルで、高架と地下が混在しています。2032年の完成を目指していますが、段階的に運行を開始する可能性もあります」と彼は述べた。
Tuhiyat menjelaskan MRT juga akan membangun rute lainnya di wilayah selatan, menghubungkan Fatmawati sampai Taman Mini Indonesia Indah. Rute tersebut akan dibangun sepenuhnya dengan jalur bawah tanah sepanjang 11 kilometer, melewati 10 stasiun.
トゥヒヤット氏は、MRTは南部地域にも別の路線を建設し、ファトマワティとタマン・ミニ・インドネシア・インダ(美しいインドネシア・ミニチュアパーク)を結ぶと説明した。この路線は全長11キロメートル、10駅を通過する完全地下路線となる。
“Konsep terakhir ini kami akan melakukan skema pembiayaan, mudah-mudahan tidak bergantung kepada pemerintah tapi kami akan mengajak peran serta dari pihak swasta,” katanya.
「この最新の構想では、政府に依存せず、民間セクターの参加も呼び込む資金調達スキームを導入する予定です」と彼は述べた。
Selain itu, hari ini, (24/7) PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama PT Bumi Serpong Damai Tbk (Sinarmas Land) menandatangani nota kesepahaman (MoU) studi kelayakan Pengembangan Jalur MRT North–South Line Extension dari Lebak Bulus hingga Serpong, Tangerang.
さらに本日(7月24日)、PT MRTジャカルタ(ペルセロダ)とPTブミ・セルポン・ダマイ(シナルマス・ランド)は、ルバック・ブルスからタンゲラン州セルポンまでのMRT南北線延伸事業の実現可能性調査に関する覚書(MOU)に署名した。
CEO Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land, Irawan Harahap mengatakan studi kelayakan ini ditarget selesai dalam waktu satu tahun. “Kami mau mencoba, tapi harapannya dalam empat sampai enam bulan kami sudah ada laporan awal yang bisa didapatkan. Laporan ini akan kami bawa ke investor dan lainnya,” kata Irawan.
シナル・マス・ランドのデジタル技術エコシステム・開発部門CEO、イラワン・ハラハップ氏は、実現可能性調査は1年以内に完了する予定だと述べた。「努力は惜しまないが、4~6ヶ月以内に予備報告書を作成したいと考えている。この報告書は投資家などに提示する予定だ」とイラワン氏は述べた。
Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengatakan dalam kajian tersebut akan dibahas penentuan trase mana yang akan dipilih untuk jalur ini dengan mempertimbangkan sisi efektivitas dan ekonomi, serta tangkapan penumpang.
PT MRTジャカルタ(ペルセロダ)のトゥヒヤット社長は、この調査では、有効性、経済性、乗客収容力を考慮し、路線選定について議論すると述べた。
Kajian kedua yang dilakukan berkaitan dengan skema kelembagaan, kemudian ada kajian finansial serta keharmonian yang masuk ruang lingkup MoU.
2つ目の調査では、制度的枠組みを検討し、続いて財務および調和に関する検討を行う。これは覚書の範囲内である。
“Setelah kajian ini selesai, kami akan serahkan dan laporkan kepada pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah masing-masing. Hal ini dilakukan untuk mencari solusi terbaik bagi pemerintah dalam menetapkan skema trase,” kata Tuhiyat.
トゥヒヤット社長は、「この調査が完了したら、中央政府と各地方政府の両方に提出し、報告する。これは、政府にとって最善の解決策を見つけるためだ」と述べた。
https://www.youtube.com/watch?v=QjeKizXAX5Q
Jasamarga akan Hentikan Layanan Isi Ulang e-Toll di Gerbang Tol Cipularang dan Padaleunyi.
ジャサマルガ、チプラランおよびパダレウニ料金所での電子通行料トップアップサービスを廃止へ。
PT Jasamarga mengimbau pengguna jalan tol di Ruas Cipularang dan Padaleunyi untuk memastikan kecukupan saldo kartu uang elektronik sebelum berkendara. Pasalnya, mulai Senin, 4 Agustus 2025, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) akan menghentikan layanan top up (isi ulang) saldo e-Toll di seluruh gerbang tol di dua ruas tersebut.
ジャサマルガは、チプラランおよびパダレウニ区間の有料道路利用者に対し、運転前に電子マネーカードの残高を十分に確保するよう呼びかけています。2025年8月4日(月)より、ジャサマルガ・メトロポリタン有料道路(JMT)は、これら2区間のすべての料金所で電子通行料トップアップサービスを廃止します。
Senior Manager Representative Office 3 JMT Agni Mayvinna mengatakan kebijakan bertujuan mengurangi antrean kendaraan di gerbang tol. Langkah ini juga bertujuan untuk meningkatkan kelancaran transaksi dan kenyamanan perjalanan.
JMT第3代表事務所のシニアマネージャー、アグニ・メイヴィナ氏は、この方針は料金所での車両の渋滞緩和を目的としていると述べました。また、この措置は、スムーズな通行と快適な移動環境の向上も目指しています。
“Mulai 4 Agustus, top up saldo e-Toll di gerbang tol Cipularang dan Padaleunyi tidak lagi tersedia. Kami imbau pengguna jalan untuk mengisi saldo sebelum memasuki tol,” kata Agni melalui keterangan tertulis, Kamis, 24 Juli 2025.
「8月4日より、チプラランおよびパダレウニ料金所でのe-Tollトップアップは利用できなくなります。道路利用者の皆様には、有料道路に進入する前に残高をトップアップしていただくようお願いいたします」と、アグニ氏は2025年7月24日(木)の書面声明で述べました。
Meski layanan isi ulang di gerbang ditiadakan, ia mengatakan pengendara tetap bisa melakukan isi ulang saldo e-Toll melalui aplikasi Travoy, layanan mobile banking (m-banking), e-wallet, maupun gerai top up di rest area.
ゲートでのトップアップサービスは廃止されましたが、ドライバーの皆様は引き続き、トラボイアプリ、モバイルバンキング(m-banking)、電子ウォレット、または休憩所のトップアップ窓口を通じてe-Toll残高をトップアップすることができます。
Ia memastikan informasi mengenai kebijakan baru ini akan disampaikan secara luas melalui berbagai kanal resmi perusahaan, termasuk media sosial dan aplikasi Travoy, agar tidak ada pengguna jalan yang terlewat.
アグニ氏は、この新しい方針に関する情報が、ソーシャルメディアやトラボイアプリを含む同社の様々な公式チャネルを通じて広く発信され、道路利用者の皆様が取り残されることがないよう徹底するよう徹底しました。
Ia melanjutkan, langkah penghapusan top up di gerbang ini merupakan bagian dari komitmen Jasamarga menciptakan sistem transaksi nontunai yang lebih efisien dan cepat terutama di ruas tol padat seperti Cipularang dan Padaleunyi. “Dengan berkurangnya aktivitas isi ulang di gerbang, arus kendaraan bisa lebih lancar tanpa hambatan antrean panjang,” kata dia.
彼女は続けて、ゲートでのトップアップを廃止することは、特にチプラランやパダレウニのような混雑した有料道路において、より効率的で迅速なキャッシュレス決済システムを構築するというジャサマルガの取り組みの一環であると説明した。「ゲートでのトップアップを減らすことで、長い列に並ぶ煩わしさがなく、車両の流れがよりスムーズになります」と彼女は述べた。
81.5歳(胃がない)の人の人参一杯の朝食、