6052 Menilik Rencana Perpanjangan Jalur Kereta Cepat hingga Surabaya
高速鉄道スラバヤ延伸計画の検証
https://www.youtube.com/watch?v=k_Kb1cyWv-k
Ekonom menilai rencana pemerintah dalam memperpanjang jalur Kereta Cepat Whoosh dari Jakarta-Bandung menuju Surabaya bukanlah pilihan yang tepat di tengah upaya pemerintah melakukan efisiensi.
経済専門家たちは、ジャカルタ・バンドン間からスラバヤまでウーシュ高速鉄道を延伸するという政府の計画は、効率化を目指す政府の取り組みの中では正しい選択ではないと考えている。
Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira menilai rencana perpanjangan jalur Kereta Cepat Whoosh dalam kondisi keuangan negara saat ini bukanlah pilihan yang baik.
経済法学研究センター(Celios)のビマ・ユディスティラ事務局長は、現在の国の財政状況を考えると、ウーシュ高速鉄道の延伸計画は良い選択ではないと考えている。
Menurutnya, berbagai kendala pembiayaan dan beban fiskal yang semakin berat membuat proyek ini perlu dikaji ulang secara mendalam.
ユディスティラ事務局長によると、様々な資金調達上の制約とますます重くなる財政負担を考えると、この計画は徹底的に見直す必要があるという。
"Memperpanjang jalur Whoosh dalam kondisi saat ini sepertinya bukan pilihan yang tepat," ujar Bhima kepada Bisnis, Senin (4/8/2025).
ユディスティラ事務局長は月曜日(2025年8月4日)、ビスニス紙に対し、「現状ではウーシュ高速鉄道を延伸することは正しい選択とは思えない」と述べた。
Bhima menjelaskan jika pemerintah memaksa, negara akan menghadapi dilema besar dalam skema pembiayaan perpanjangan Whoosh.
ユディスティラ氏は、政府がウーシュ線の延伸を主張した場合、延伸費用の調達において大きなジレンマに直面するだろうと説明した。
Jika dibiayai melalui utang pemerintah, hal ini akan semakin mempersempit ruang gerak APBN mengingat beban biaya utang jatuh tempo yang makin besar dalam beberapa tahun ke depan.
政府債務で資金調達する場合、今後数年間で債務償還の負担が増大することを考えると、国家予算の柔軟性がさらに制限されることになる。
Alternatif pembiayaan melalui penugasan ke Danantara atau BUMN juga dinilai Bhima berpotensi mempengaruhi rating utang Indonesia karena tingkat risiko likuiditas yang tinggi.
ビーマ氏はまた、ダナンタラや国有企業への譲渡による代替資金調達は、高い流動性リスクのためにインドネシアの債務格付けに影響を与える可能性があると評価した。
Lembaga pemeringkat seperti Fitch Ratings telah memperingatkan risiko peningkatan liabilitas bersyarat pada neraca pemerintah jika Danantara terlalu aktif.
フィッチ・レーティングスなどの格付け機関は、ダナンタラが過度に積極的に事業を展開した場合、政府のバランスシート上の偶発債務が増加するリスクがあると警告している。
Bhima menyebut satu opsi yang masih bisa dicoba adalah skema pertukaran utang (debt swap) dengan China untuk perpanjangan jalur kereta cepat, atau melalui hibah. Skema ini dinilai lebih realistis mengingat pengalaman Indonesia dengan proyek infrastruktur China sebelumnya.
ビーマ氏は、高速鉄道延伸のための中国との債務スワップ、あるいは補助金による支援が、依然として検討可能な選択肢の一つであると述べた。インドネシアが過去に中国と行ったインフラプロジェクトの経験を考えると、このスキームはより現実的だと考えられている。
"Kecuali hibah ya atau skema utang dari China ditukar dengan perpanjangan jalur kereta cepat (debt swap) itu bisa dicoba," ungkapnya.
「補助金や、高速鉄道延伸と引き換えに中国から債務スワップスキームを受けるという選択肢はありますが、そういった試みはあり得ます」と彼は述べた。
Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan saat ini pemerintah tengah mempercepat kajian terkait usulan perluasan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh ke Surabaya guna mempercepat mobilitas yang terintegrasi dan efisien di seluruh Pulau Jawa.
以前、アグス・ハリムルティ・ユドヨノ・インフラ・地域開発担当調整大臣は、ジャカルタ・バンドン高速鉄道(KCJB)またはWhoosh線をスラバヤまで延伸し、ジャワ島全域の統合的かつ効率的な移動を促進する計画について、現在、政府が調査を加速させていると述べていた。
Menurut Menteri AHY, arahan Presiden Prabowo Subianto bukan hanya sebatas perpanjangan jalur kereta cepat. Namun, lebih dari itu, ide ini mencerminkan visi untuk menghubungkan Pulau Jawa melalui mobilitas yang lebih cepat, bersih dan lebih terintegrasi.
AHY大臣によると、プラボウォ・スビアント大統領の指示は、高速鉄道を単なる延伸にとどまらず、より高速でクリーン、そしてより統合された移動手段によってジャワ島を結ぶというビジョンを反映しているという。
Adapun Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat bahwa layanan Kereta Cepat WHOOSH Indonesia telah melayani 10 juta penumpang sejak dioperasikan secara komersial.
インドネシア・中国高速鉄道(KCIC)は、WHOOSHインドネシア高速鉄道が営業運転開始以来、1,000万人の乗客にサービスを提供したと指摘した。
Selama periode 17 Oktober 2023 hingga 25 Juni 2025, KCIC telah melayani sebanyak 10.014.707 penumpang melalui 29.786 perjalanan Whoosh yang dioperasikan dengan aman dan selamat.
2023年10月17日から2025年6月25日までの期間、KCICは安全かつ確実に運行されたWhoosh(高速鉄道)29,786便を通じて、10,014,707人の乗客にサービスを提供しました。
Kereta Cepat Whoosh pertama kali dicanangkan pada tahun 2015, kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pada 2016.
Whoosh高速鉄道は2015年に開業し、2016年には起工式が行われました。
Setelah melalui masa konstruksi dan serangkaian uji coba operasional, layanan Whoosh akhirnya diresmikan dan mulai beroperasi secara komersial pada Oktober 2023, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki layanan kereta cepat.
建設工事と一連の運行試験を経て、Whooshサービスはついに2023年10月に開業し、営業運転を開始しました。これにより、インドネシアは東南アジアで初めて高速鉄道サービスを導入する国となりました。
Bebani BUMN Karya
Sementara itu di balik pencapaian tersebut dan rencana perpanjangan jalur Whoosh, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) membukukan bagian rugi sebesar Rp542,31 miliar pada semester I/2025 dari entitas ventura bersama PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia atau konsorsium proyek kereta cepat Whoosh.
国営建設会社の負担
一方、これらの成果とフーシュラインを拡張する計画にもかかわらず、PT Wijaya Karya (Persero) Tbk。 (WIKA) は、2025 年上半期に、その合弁会社である PT Pilar Sinergi BUMN インドネシア、またはフーシュ高速鉄道プロジェクトを支援するコンソーシアムから 5,423 億 1,000 万ルピアの損失を計上しました。
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) merupakan perusahaan patungan yang didirikan oleh konsorsium PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), dan PT Perkebunan Nusantara I (Persero) (PTPN).
PT Pilar Sinergi BUMNインドネシア(PSBI)は、PTケレタ・アピ・インドネシア(ペルセロ)またはPT KAI、PTウィジャヤ・カリヤ(ペルセロ)Tbkのコンソーシアムによって設立された合弁会社です。 (WIKA)、PT ジャサ マルガ (ペルセロ) Tbk。 (JSMR)、PT ペルケブナン ヌサンタラ I (ペルセロ) (PTPN)。
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) tercatat memiliki 60% saham PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku pengelola Whoosh.
PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia(PSBI)は、Whooshを運営するPT Kereta Cepat Indonesia China(KCIC)の株式60%を保有しています。
Pada 10 Desember 2024, PSBI menerbitkan saham baru sejumlah 2.697.142 lembar saham sebesar Rp2,69 triliun yang diambil seluruhnya oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Setelah transaksi itu, persentase kepemilikan Wijaya Karya di PSBI terdilusi dari 39,12% menjadi 33,36%.
2024年12月10日、PSBIは2,697,142株(総額2.69兆ルピア)の新株を発行し、PT Kereta Api Indonesia(Persero)が全額引き受けました。この取引により、Wijaya KaryaのPSBIにおける持分比率は39.12%から33.36%に希薄化しました。
“Pada 30 Juni 2025, saldo investasi ventura bersama atau penyertaan modal di PSBI adalah Rp2,38 triliun atau mencerminkan akumulasi penurunan nilai sebesar Rp4,32 triliun dibandingkan dengan total penyetoran modal awal perusahaan ke PSBI,” tulis manajemen WIKA dalam laporan keuangan semester I/2025, dikutip Senin (28/7/2025).
WIKAの経営陣は、2025年7月28日(月)に引用された2025年上半期財務報告書の中で、「2025年6月30日現在、PSBIへの合弁投資または株式参加の残高は2.38兆ルピアで、PSBIへの当初出資総額と比較して4.32兆ルピアの累積減少を反映しています」と述べています。
Pada semester I/2025, WIKA mencatat nilai bagian rugi tahun berjalan dari PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia sebesar Rp542,31 miliar.
2025年上半期、WIKAはPT Pilar Sinergi BUMN Indonesiaから5,423.1億ルピアの当期損失を計上しました。
Jumlah itu melanjutkan kondisi serupa pada semester I/2024. Kala itu, WIKA mencatat nilai bagian rugi tahun berjalan dari PSBI sebesar Rp1,57 triliun.
この数字は、WIKAがPSBIから1.57兆ルピアの当期損失を計上した2024年上半期と同様の傾向を示しています。
Namun, WIKA mencatat rugi bersih sebesar Rp1,66 triliun pada semester I/2025. Angka ini berbalik dari kondisi laba bersih senilai Rp401,95 miliar yang diraih pada periode sama tahun lalu.
しかしながら、WIKAは2025年上半期に1.66兆ルピアの純損失を計上しました。これは、前年同期の4,019.5億ルピアの純利益から大幅に減少したことになります。
Danantara Turun Tangan
Danantara Indonesia menyiapkan langkah strategis untuk menyelamatkan fundamental keuangan perusahaan pelat merah, yang terlibat dalam proyek kereta cepat Whoosh.
ダナンタラが参入
ダナンタラ・インドネシアは、Whoosh高速鉄道プロジェクトに携わる国営企業の財務基盤を守るための戦略的措置を準備しています。
Chief Operating Officer (COO) Danantara Indonesia, Dony Oskaria, mengatakan bahwa PT Danantara Asset Management (Persero) kini sedang mengevaluasi sejumlah opsi penyelesaian atas kewajiban finansial konsorsium KCIC.
ダナンタラ・インドネシアの最高執行責任者(COO)であるドニー・オスカリア氏は、PTダナンタラ・アセット・マネジメント(ペルセロ)がKCICコンソーシアムの財務債務の解決に向けて現在、複数の選択肢を検討していると述べた。
“Solusinya masih ada beberapa alternatif yang akan kami sampaikan kepada pemerintah mengenai penyelesaian daripada kereta cepat ini,” ujar Dony saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pekan lalu.
ドニー氏は先週、ジャカルタのセナヤン国会議事堂で行われた会見で、「この高速鉄道の解決策については、政府に提示する代替案がまだいくつかあります」と述べた。
Dia mengakui bahwa beban utang PSBI selaku konsorsium cukup besar. Untuk itu, Danantara akan mengevaluasi operasional dari tiap entitas, serta menyiapkan rencana jangka panjang atas penyelesaian beban tersebut.
オスカリア氏は、コンソーシアムとしてのPSBIの債務負担がかなり大きいことを認めた。そのため、ダナンタラは各事業体の事業運営を評価し、この負担を解決するための長期計画を策定する予定だ。
Salah satu opsi yang mengemuka adalah upaya restrukturisasi. Pasalnya, berdasarkan rencana kerja Danantara Asset Management, proyek kereta cepat masuk dalam klaster restrukturisasi yang dijalankan pada semester II/2025.
浮上した選択肢の一つは、事業再編である。これは、ダナンタラ・アセット・マネジメントの作業計画によると、高速鉄道プロジェクトが2025年後半に実施される再編クラスターに含まれているためです。
“Kereta cepat ini kan hasil konsorsium yang di dalamnya ada KAI, WIKA, kemudian Jasa Marga. Nah, ini operasionalnya sedang kami lihat, bagaimana nanti solusi jangka panjang mengenai utang-utang konsorsium ini yang cukup besar dan kami ingin penyelesaian ini berjalan komprehensif,” kata Dony.
ドニー氏は、「この高速鉄道プロジェクトは、KAI、WIKA、ジャサ・マルガを含むコンソーシアムの成果です。現在、その事業運営と、コンソーシアムの多額の負債に対する長期的な解決策を検討しており、包括的な解決策を模索しています」と述べました。
Berdasarkan catatan Bisnis, Whoosh telah menelan biaya investasi hingga US$7,2 miliar. Nilai investasi tersebut mengalami pembengkakan biaya sebesar US$1,2 miliar dari target awal proyek sebesar US$6 miliar.
ビスニスの記録によると、Whooshは最大72億米ドルの投資費用を負担しました。この投資額は、当初のプロジェクト目標である60億米ドルから12億米ドルの超過費用が発生しました。
Sebanyak 60% dari pembengkakan biaya atau sekitar US$720 juta akan dibayarkan oleh konsorsium dari Indonesia, sedangkan 40% sisanya atau sekitar US$480 juta ditanggung oleh konsorsium China.
インドネシアのコンソーシアムは超過費用の60%にあたる約7億2,000万米ドルを負担し、中国のコンソーシアムは残りの40%にあたる約4億8,000万米ドルを負担します。
私のコメント Komentar Saya
ユドノヨ大統領が進めていた新幹線を突然、捨てて、中国高速鉄道に切り替えたときの様々な理解しにくいジョコウィの動きは、裏で、不可解な取引があったとしか考えらえない。あらゆる点を比較しても新幹線の方が優位だったはずだ。
それなのに、ジョクウィとリニは、中国の方が魅力的だったとこじつけた。国民は、ジョコウィの操り人形にされた。洗脳された。
Berbagai tindakan Jokowi yang tidak masuk akal, seperti tiba-tiba membatalkan proyek kereta cepat yang didorong oleh Presiden Yudhonoyo dan beralih ke proyek kereta cepat Tiongkok, hanya dapat diartikan sebagai semacam kesepakatan misterius di balik layar. Dalam setiap perbandingan, Sinkansen akan menjadi pilihan yang lebih unggul.
Namun, Jokowi dan Rini entah bagaimana berhasil meyakinkan bahwa pilihan Tiongkok lebih menarik. Rakyat dijadikan boneka Jokowi. Mereka dicuci otaknya.
ただ一人、当時の運輸大臣ジョナンは、大反対で、工事開始を承認しなかったので、ジョコウィは、ジョナンを止めさせて、まったく、運輸関係にかんして無知のリニ女史を運輸大臣にしてしまった。彼女はただ、サインをするだけのワヤンでしかなかった。
Satu-satunya yang menentang keras rencana tersebut adalah Jonan, Menteri Perhubungan saat itu, dan menolak menyetujui dimulainya pembangunan. Jokowi menghentikan Jonan dan menunjuk Rini, yang sama sekali tidak mengerti transportasi, sebagai Menteri Perhubungan. Ia tak lebih dari seorang wayang yang bisa menandatangani dokumen.
そして、何故、ジャカルタからバンドゥンにしたかというと、ジョコウィは、ジョクジャカルタ・ソロを経由して、スラバヤへ延長を目論んでいたからだ。ソロはジョコウィの出身地だ。
Dan alasan memilih Jakarta Bandung adalah karena Jokowi ingin memperpanjang jalur tersebut ke Surabaya melalui Yogyakarta dan Solo. Solo adalah kota kelahiran Jokowi.
今、ガジャマダ大学を卒業というのは噓でしょと、もめているが、ガジャマダ大学はジョクジャカルタにある。
Saat ini terdapat beberapa kontroversi mengenai apakah Jokowi lulusan Universitas Gadjah Mada atau bukan, tetapi Universitas Gadjah Mada terletak di Yogyakarta.
バンドゥンまでも、山また山、谷また谷の山岳地帯の難工事、ジョクジャカルタ・ソロも同じ山岳地帯で、そのうえ、スラバヤまで、都市はない。だから、そのまま、バンドゥンから延長してスラバヤまで、延長するなら、KCJBは、駅を田舎に作ったのに140Kmで1.1兆円かかったから、バンドゥン・スラバヤ間450Kmは6兆円以上かかるでしょう。それも、高い金利の借金をして、利用者も少ないルートにするのかな。愚かなことはやめた方がいい。
Bahkan untuk mencapai Bandung saja membutuhkan pekerjaan konstruksi yang sulit di medan pegunungan dengan pegunungan dan lembah, sementara Yogyakarta dan Solo juga berada di wilayah pegunungan yang sama. Terlebih lagi, tidak ada kota sampai Surabaya. Jadi, jika mereka ingin memperpanjang jalur dari Bandung ke Surabaya, KCJB harus membangun stasiun di pedesaan, yang menelan biaya 1,1 triliun yen untuk 140 km, sehingga 450 km antara Bandung dan Surabaya akan menelan biaya lebih dari 6 triliun yen. Dan mereka mungkin akan mengambil pinjaman berbunga tinggi dan memilih rute dengan sedikit pengguna. Sebaiknya mereka berhenti melakukan hal-hal bodoh seperti itu.
ジャカルタ・スラバヤに高速鉄道を作るなら、北海岸沿いルートに限る。新空港や新コンテナ港もあるし、人口密度も多い。何より、平地が多いから工事費も安い。在来線や高速道路にアクセスしやすい。
Jika kereta api cepat akan dibangun antara Jakarta dan Surabaya, jalur tersebut harus dibatasi pada jalur di sepanjang pantai utara. Ada bandara baru dan pelabuhan peti kemas baru, dan kepadatan penduduknya tinggi. Yang terpenting, terdapat banyak lahan datar, sehingga biaya konstruksinya rendah. Jalur ini mudah diakses melalui jalur konvensional dan jalan tol.
ジャカルタ、ガンビール駅からスラバヤ駅、550~600Km。新幹線なら総工費が5兆円で、金利は0.1%でしょう。贈収賄はなしですよ。
Jarak dari Stasiun Gambir di Jakarta ke Stasiun Surabaya adalah 550-600 km. Total biaya pembangunan Shinkansen akan mencapai 5 triliun yen, dan suku bunganya 0,1%. Tidak akan ada suap.
https://www.youtube.com/watch?v=uVsFbw4C5AY
Melihat Proyek Pembangunan MRT Jakarta Fase II di Monas yang Diperkirakan Beroperasi pada 2027
モナス駅におけるジャカルタMRTフェーズII開発プロジェクトの概要。2027年開業予定
Proyek MRT Bundaran HI-Kota Capai 51%, Stasiun Thamrin-Monas Beroperasi 2027
ブンダランHI-コタMRTプロジェクトは51%の完成度に達し、タムリン-モナス駅は2027年に開業予定
Perkembangan konstruksi proyek Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu/MRT fase 2A rute Utara—Selatan yang melanjutkan rute Thamrin ke Kota tercatat telah mencapai 51,31% per Juli 2025.
タムリンからコタまでを結ぶ南北ルートであるマス・ラピッド・トランジット(MRT)フェーズ2Aプロジェクトの建設進捗率は、2025年7月時点で51.31%に達しました。
PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan bahwa capaian tersebut melampaui target 50,23% dan progres telah bertambah sebanyak 1,32% dari akhir Juni 2025. Adapun hingga akhir 2025, manajemen menargetkan konstruksi dapat selesai sebesar 53,29%.
PT MRTジャカルタ(ペルセロダ)は、この進捗率は目標の50.23%を上回り、2025年6月末から1.32%増加したと報告しました。経営陣は、2025年末までに53.29%の完成を目指しています。
Pada periode yang sama, paket kontrak CP201 Stasiun Thamrin dan Monas telah mencapai 88,869% dengan sejumlah pekerjaan utama seperti instalasi dan pengujian eskalator, ekskavasi entre Stasiun Thamrin, hingga finishing pekerjaan arsitektural di Stasiun Monas masih terus dikerjakan.
同時期に、CP201契約パッケージが完成しました。タムリン駅とモナス駅の工事は88.869%の完成度に達しましたが、エスカレーターの設置と試験、タムリン駅入口の掘削、モナス駅の建築仕上げといった主要プロジェクトは引き続き進行中です。
“MRT menargetkan pada akhir 2025 mendatang, CP201 akan menyelesaikan 91,62% pekerjaannya sehingga pada 2027 mendatang, kedua stasiun ini telah dapat beroperasi,” tulis manajemen dalam keterangan resmi, Senin (4/8/2025).
「MRTは2025年末までにCP201の91.62%の完成を目指しており、両駅は2027年までに開業する予定です」と、経営陣は2025年8月4日(月)の公式声明で述べています。
https://www.youtube.com/watch?v=y3K8NBhcGNA
Setelah Rusia, Gempa Bumi Guncang New York dan New Jersey hingga Buat Warga Amerika Serikat Panik
ロシアに続き、地震がニューヨークとニュージャージーを襲い、アメリカ国民はパニックに陥る
Gempa bumi dengan kekuatan 3,0 magnitudo mengguncang wilayah utara New Jersey Sabtu malam, 2 Agustus 2025. Getaran terasa di beberapa bagian Kota New York, menurut keterangan para pejabat.
2025年8月2日(土)夜、ニュージャージー州北部でマグニチュード3.0の地震が発生しました。当局によると、ニューヨーク市の一部でも揺れを感じたとのことです。
Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa terjadi pukul 22.18 waktu setempat dan berpusat di Hasbrouck Heights, New Jersey, sekitar enam mil di bawah permukaan. Meskipun tergolong kecil, gempa tersebut cukup kuat untuk menyebabkan guncangan yang terasa di beberapa daerah di sekitarnya, termasuk sebagian Manhattan dan Bronx.
米国地質調査所(USGS)によると、地震は現地時間午後10時18分に発生し、震源地はニュージャージー州ハズブルックハイツで、地表から約6マイル(約9.6キロメートル)の深さでした。地震の規模は小さかったものの、マンハッタンやブロンクスの一部を含む周辺地域で揺れを感じるほどの強さでした。
間も無く、日本から離れるので、次にいつ行けるか、もう行けなくなるかわからないので、生まれ故郷でぶらついてきた。あいにく、すぐそこの富士山は雲の中だった。子供のころメダカを追いかけた富士川を見下ろした。