6000 一回目の記事です。日本語だけで、私のウェブサイトの原稿にするためでもあった。
コロナが蔓延し始めた2020年から、今のように、インドネシア語を入れだした。
2008年5月12日インドネシアで楽しく暮す 1-1
インドネシアで仕事をする日本人は、会社の規則で、安全のため、責任のため、車を運転してはいけない事になっています。ですから、当然、車と運転手は会社持ちで与えられます。日本では想像できないほど運転マナーはでたらめだし、技術も低い。運転免許を取得するための試験はない。誰でも、18歳以上なら買うことができる。それも、日本で言う大型車ライセンスも、である。免許を買ってから、自分の責任で練習をする。子供がバイクを運転しているし、無免許運転も普通である。かく言う、私も無免許運転は何ヶ月かしていた。こちらは、国際免許は通用しない。
バスでもトラックでもタクシーでも外国人が使う運転手でも、雇う方の責任である。インドネシアに一時停止やどちらが優先などという規則は無い。
ちょっと込み合えば、ファイティングの始まりです。信号などは関係ない。譲り合いの気持ちのかけらも無い。そこで日本人はそのファイティングに割り込む必要は無い。運転手に任せるのは当たり前である。
ところが、私は変です。運転手に任すことができないのです。自分なら、もっとうまく割り込めるし、もっとうまく先頭に出ることができると思うからです。
また、車の中の温度や風向きを自分の気持ちだけで切り替えたいのです。いちいち、運転手に命令したり、頼んだりするのがいやなのです。また、頼んでも、自分の思うようにはなりません。
渋滞なら、自分で進路を選びたいのです。運転手任せだと、遅い車線でのんびりと運転したがるような気がするのです。他の車線のほうがどんどん進んでいるような気がするのです。自分で運転なら納得します。
見知らぬところへ、自分で探しながら、聞きながら、運転して出かけることが好きなのです。変わった出会いや、思わぬ景色に触れる事があるからです。
私が、日本人の中でインドネシアでの運転走行距離はずば抜けて長いでしょう。一年三万キロ以上、10年で三十万キロメートル以上は運転しています。
https://www.youtube.com/watch?v=9bCo0wtUVGE
Polisi Usut Dugaan Pidana dalam Aktivitas Tambang Nikel di Raja Ampat | Sindo Sore | 12/06
警察、ラジャ・アンパット・ニッケル鉱山における犯罪行為疑惑を捜査 | Sindo Sore | 12/06
KPK Telusuri Dugaan Korupsi di Tambang Nikel Raja Ampat.
KPK(汚職撲滅委員会)がラジャ・アンパット・ニッケル鉱山における汚職疑惑を捜査。
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menelusuri adanya dugaan korupsi di balik aktivitas tambang nikel di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya. Ketua KPK Setyo Budiyanto menyebut Kedeputian Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK tengah melakukan kajian.
汚職撲滅委員会(KPK)は、パプア州南西部ラジャ・アンパット県におけるニッケル鉱山活動における汚職疑惑を調査している。KPKのセティオ・ブディヤント委員長は、KPKの調整監督担当副委員長(Korsup)が調査を実施していると述べた。
"Itu sudah ada, melakukan ya semacam kegiatan di sana (Raja Ampat), kemudian melihat potensi-potensinya seperti apa," kata Setyo di gedung C1 KPK, Jakarta Selatan, pada Jumat, 13 Juni 2025.
「ラジャ・アンパットで何らかの活動を行い、その可能性を探るという方法は既に存在している」と、セティオ委員長は2025年6月13日(金)、南ジャカルタにあるKPKのC1ビルで述べた。
Pada saat ini kajian itu masih dalam proses penyelidikan yang dilakukan Korsup KPK. Setelah itu, kata Setyo, KPK akan menyerahkan kajian tersebut kepada kementerian atau lembaga yang berhubungan dengan pertambangan. "Diajukan kepada kementerian atau lembaga terkait untuk bisa memitigasi," ucap dia.
現在、この調査はKPKのKorsupによって調査が進められている。セティオ氏は、その後、KPKは鉱業関連の省庁または機関に調査報告書を提出する予定だと述べた。「影響を軽減できるよう、関係省庁または機関に提出する」とセティオ氏は述べた。
Setyo menyebut lembaganya sempat melakukan kajian tentang nikel pada 2023. Dari penelitian itu, KPK akan mengembangkan lebih lanjut ihwal dugaan korupsi dari aktivitas pertambangan nikel di Raja Ampat.
セティオ氏によると、同氏の機関は2023年にニッケルに関する調査を実施した。この調査に基づき、KPKはラジャ・アンパットにおけるニッケル採掘活動における汚職疑惑についてさらに調査を進める予定だ。
"Tentu ada perkembangan, ada perubahan pada saat kajian, apakah menjadi lebih baik? Kalau yang lebih baik mungkin ditinggalkan, tetapi yang mungkin ternyata masih masalah itu yang dilanjutkan," ujarnya.
「もちろん、調査中に進展や変化はある。それは良い方向に向かっているのだろうか?もし良い方向であれば、調査は中止されるかもしれないが、依然として問題となっているものは継続される」とセティオ氏は述べた。
Melanjutkan pernyataan Setyo, Juru bicara KPK Budi Prasetyo menjelaskan hasil kajian dari KPK tentang nikel pada 2023. Dia mengatakan penelitian tersebut memiliki dua pembahasan yaitu tata kelola nikel dan ekspor nikel. "KPK telah melakukan kajian melalui Direktorat Monitoring," kata Budi di gedung Merah Putih KPK, Jumat.
セティオ氏の発言に続き、KPK報道官のブディ・プラセティオ氏は、2023年に実施されたKPKのニッケルに関する調査結果について説明した。同氏によると、この調査ではニッケルのガバナンスとニッケル輸出という2つの議論が行われたという。「KPKは監視局を通じて調査を実施した」と、ブディ氏は金曜日、KPKメラ・プティ・ビルで述べた。
KPK menemukan potensi kerawanan tindakan korupsi baik dari hilir hingga hulu pada tata kelola nikel. Di antaranya berhubungan dengan mekanisme perizinan yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. "Kegiatan penambangan pada kawasan hutan yang belum memiliki izin, pendataan atas penempatan jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang juga masih belum memadai," ujarnya.
KPKは、ニッケルのガバナンスにおいて、下流から上流に至るまで、汚職の潜在的な脆弱性を発見しました。その中には、法令に準拠していないライセンス制度に関連するものが含まれています。「まだ許可を取得していない森林地帯での採掘活動、復旧保証の設置に関するデータ収集、採掘後の保証も依然として不十分です」と彼は述べました。
Kajian tentang ekspor nikel, KPK menemukan adanya potensi korupsi yang berhubungan dengan permasalahan legalitas ekspor. Secara umum, kata Budi, permasalahan ini pada lemahnya pengawasan yang tidak terikat dalam pengaturan hingga mekanisme verifikasi ekspor. "Juga terkait dengan penelusuran teknisnya," ucap Budi.
KPKはニッケル輸出に関する調査において、輸出合法性に関する問題に関連する汚職の可能性を発見しました。ブディ氏によると、この問題は一般的に、輸出検証メカニズムに関する規制に縛られていない監督体制の弱さに起因するとのことです。「技術的な追跡にも関連しています」とブディ氏は述べました。
Dalam tambang nikel di Raja Ampat, Pemerintah telah mencabut izin usaha pertambangan (IUP) milik empat dari lima perusahaan tambang, setelah aktivitas tambang mereka memantik kritik masyarakat. Empat perusahaan yang IUP-nya dicabut adalah PT ASP, PT MRP, PT KSM, dan PT Nurham.
ラジャ・アンパットにおけるニッケル採掘では、採掘活動が国民の批判を招いたことを受け、政府は5社の採掘会社のうち4社の採掘事業許可(IUP)を取り消しました。IUPが取り消された4社は、PT ASP、PT MRP、PT KSM、PT Nurhamです。
“Atas petunjuk Bapak Presiden, pemerintah akan mencabut izin usaha pertambangan untuk empat perusahaan di Raja Ampat,” kata Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 10 Juni 2025.
「大統領の指示により、政府はラジャ・アンパットにおける4社の鉱業事業許可を取り消す」とプラセティオ・ハディ国務長官は2025年6月10日火曜日、ジャカルタの大統領官邸で述べた。
https://www.youtube.com/watch?v=SbDJjgN7Xbo
Penyebab Jatuhnya Pesawat Air India 171, Suara Misterius Sebelum Benturan
エア・インディア171便墜落事故の原因、衝突前に謎の音
Penyebab pesawat Air India jatuh beberapa detik setelah lepas landas, masih dalam penyelidikan. Diketahui, Air India penerbangan AI171 jatuh 30 detik setelah mengudara.
エア・インディア機が離陸数秒後に墜落した原因は現在も調査中だ。エア・インディア171便は離陸から30秒後に墜落したことが判明している。
Pesawat dengan 242 penumpang itu lepas landas dari Bandara Ahmedabad menuju ke London Gatwick, Inggris pada Kamis (12/6/2025) waktu setempat.
乗客242人を乗せた同機は、現地時間2025年12月6日(木)にイギリスのロンドン・ガトウィック空港に向けてアフマダーバード空港を離陸した。
Di dunia penerbangan sendiri, 3 menit setelah lepas landas dan 8 menit sebelum mendarat merupakan momen-momen paling kritis. Sebagian besar kecelakaan terjadi selama rentang waktu ini.
航空の世界では、離陸後3分から着陸前8分が最も危険な時間帯とされており、ほとんどの事故はこの時間帯に発生する。
Dalam insiden itu, sebanyak 241 dikonfirmasi tewas oleh perusahaan Air India. Melalui akun media sosial X, perusahaan itu mengatakan hanya ada satu penumpang yang selamat, dia adalah warga negara Inggris keturunan India.
エア・インディア社はこの事故で241人の死亡を確認した。同社はXのソーシャルメディアアカウントを通じて、乗客のうち生存者はインド系イギリス人1人のみだったと発表した。
Para ahli mempertanyakan penyebab insiden tersebut. Mantan pilot Ehsan Khalid mengatakan, penyebab pasti insiden pesawat Air India jatuh bisa diketahui melalui Flight Data Recorder, Cockpit Voice Recorder, dan data ACARS.
専門家は事故の原因に疑問を呈している。元パイロットのエフサン・ハリド氏は、エア・インディア機の墜落事故の正確な原因は、フライトデータレコーダー、コックピットボイスレコーダー、そしてACARSデータによって特定できると述べた。
"Gambaran visual menunjukkan bahwa pesawat jatuh saat terbang yang berada tidak ada ledakan di udara," kata dia, dikutip dari Times of India.
タイムズ・オブ・インディア紙の報道によると、ハリド氏は「映像は、機体が飛行中に墜落し、空中爆発はなかったことを示している」と述べた。
https://www.youtube.com/watch?v=KqpRxSmUSsg
Soal Ijazah Belum Usai, Rismon Sianipar CS Telusuri Lokasi KKN Jokowi di UGM, Apa Hasilnya?
卒業証書問題はまだ終わっていない。リスモン・シアニパーCSがガジャマダ大学(UGM)におけるジョコウィ氏のKKN拠点について調査、結果は?
Temuan Baru Rismon soal Polemik Ijazah : Banyak Alumni Fakultas Kehutanan UGM 1985 Tak Kenal Jokowi.
リスモン氏による卒業証書論争に関する新たな調査結果:ガジャマダ大学(UGM)林学学部1985年卒卒業生の多くはジョコウィ氏を知らない。
Ahli digital forensik, Rismon Sianipar, kembali mengungkapkan temuannya soal polemik ijazah Mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
デジタルフォレンジックの専門家、リスモン・シアニパー氏は、ジョコ・ウィドド前大統領(ジョコウィ氏)の卒業証書論争に関する調査結果を再び明らかにした。
Rismon menyebut, ada beberapa alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) angkatan 1985, mengaku tidak mengenal Joko Widodo (Jokowi).
リスモン氏によると、ガジャマダ大学(UGM)林学学部1985年卒卒業生の何人かは、ジョコ・ウィドド氏(ジョコウィ氏)を知らないと主張しているという。
Berdasarkan informasi yang beredar, Jokowi diketahui masuk ke UGM pada tahun 1980 dan wisuda pada 1985.
流布している情報によると、ジョコウィ氏は1980年にモディ首相に入学し、1985年に卒業したことが分かっている。
Tetapi, Rismon mendapatkan temuan baru.
しかし、リスモン氏は新たな事実を発見した。
Dia menjelaskan jika orang-orang yang disebutkan merupakan alumni Fakultas Kehutanan UGM itu tidak berani muncul karena takut.
リスモン氏は、モディ首相が林学部の卒業生と名指しされた人々は、恐れて名乗り出なかったと説明した。
"Saya kira ada, tetapi cuma mengirim email dan tidak berani sih, beberapa orang dan membenarkan klaim saya, tapi takut untuk keluar," kata Rismon dalam wawancara eksklusif bersama Tribunnews, Jumat (13/6/2025).
「卒業生はいると思うが、メールを送るだけで、勇気が出ない。中には私の主張を認めている人もいるが、名乗り出るのを恐れている人もいる」と、リスモン氏は2025年6月13日(金)のトリブンニュースとの独占インタビューで述べた。
Sehingga, menurut Rismon, mereka hanya mengirim email kepadanya saja.
つまり、リスモン氏によると、彼らは自分宛てにメールを送っただけだったという。
Beberapa alumni Fakultas UGM mengaku tidak mengenal Jokowi sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM.
モディ首相が林学部の学生だったことを知らないと主張する卒業生もいる。
"Ada (alumni Fakultas Kehutanan), dan mereka mengaku tidak mengenal (Jokowi) gitu lho, tapi (kirim) ke email saya," ujar Rismon.
リスモン氏は、「(林学部の卒業生は)いるが、ジョコウィ氏を知らないと主張している。しかし、私のメールアドレスに(送信してきたのだ)」と述べた。
Sebelumnya, Frono Jiwo yang mengaku teman seangkatan Jokowi buka suara menanggapi soal tudingan ijazah palsu mantan presiden RI tersebut.
以前、ジョコウィ前大統領の同級生を自称するフロノ・ジウォ氏が、インドネシア元大統領の偽造卒業証書疑惑について声を上げていた。
Frono merasa prihatin dengan kabar yang beredar itu.
フロノ氏は、このニュースが広まっていることに懸念を抱いていた。
※コメント投稿者のブログIDはブログ作成者のみに通知されます