goo blog サービス終了のお知らせ 

南の島の土着民風自由人

自分の生活、計画し実行してきましたが、病気や人間関係など思いがけない障害に遭遇しました。

(^_-)-☆BLOK-M JAKARTA

2025-06-27 18:42:18 | 情報

 6012https://www.youtube.com/watch?v=eU4XD2crXTA

BLOK M HUB‼️new Blok M will be a new icon in South Jakarta Selatan⁉️

BLOK M HUB‼️新しいBlok Mは南ジャカルタ・スラタンの新たな象徴となるでしょう⁉️

Satu-satunya tempat yang saya ingat dari video ini adalah antara menit ke-48:40 ~ ke-50:26. Itu adalah jalan di depan Marufuku.

この映像の中で、私が覚えていた場所は48;40~50;26個の間だけだった。丸福の前の道だ。

 

Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, kini bukan sekadar kawasan transit. Di lokasi ini terdapat terminal bus antarkota, pusat perbelanjaan, hingga kafe kekinian dan toko barang antik.

南ジャカルタのBlok Mエリアは、今や単なる交通エリアではありません。この場所には、都市間バスターミナル、ショッピングセンター、おしゃれなカフェ、アンティークショップがあります。

Kawasan ini menjelma sebagai salah satu destinasi “palugada” apa lu mau, gua ada” bagi warga Jakarta dan pendatang.

 

このエリアは、ジャカルタ在住者や新参者にとって「パルガダ」な目的地の一つとして浮上しています。

Di tengah geliat kota yang tak pernah tidur, Blok M memadukan wajah lama dan baru dalam satu wilayah.

眠らない街の中心に位置するBlok Mは、新旧の顔が融合したエリアです。

 

Terminal Blok M yang beroperasi sejak puluhan tahun silam masih menjadi titik awal dan akhir berbagai rute bus.

数十年にわたり営業しているBlok Mターミナルは、現在も様々なバス路線の発着地点となっています。

Lokasinya berada di Jalan Palatehan, tak jauh dari pusat kreatif M Bloc Space yang kini menjadi tempat nongkrong anak muda

Jalan Palatehanに位置し、今では若者のたまり場となっているクリエイティブセンターM Bloc Spaceからもほど近い場所にあります。

Di sekitarnya, berjajar halte Transjakarta, mal Blok M Square, kios-kios kuliner kaki lima, dan sejumlah kafe yang tak kalah ramai.

周辺には、トランスジャカルタのバス停、ブロックMスクエアモール、屋台、そして賑やかなカフェが数多くあります。

Sah satu pengunjung, Vina (24), warga Bekasi yang bekerja di Jakarta Selatan, mengatakan, Blok M adalah titik transit harian sekaligus tempat "melarikan diri sejenak" dari rutinitas.

ブカシ在住で南ジャカルタで働くビナさん(24歳)は、ブロックMは日々の交通拠点であると同時に、日常から「ひとときの逃避」ができる場所でもあると語りました。

“Kadang pulang kerja mampir ke M Bloc dulu, makan atau nonton live music. Kalau akhir pekan malah suka nyari buku di Blok M Square,” ujar Vina kepada Kompas.com saat ditemui sedang nongkrong bersama temannya.

「仕事が終わったら、まずブロックMに立ち寄って食事をしたり、ライブミュージックを観たりします。週末はブロックMスクエアで本を探すのが好きです」と、友人と遊んでいる際に出会ったビナさんはKompas.comの取材に答えました。

Wajah Blok M terus berubah dalam beberapa tahun terakhir. Jika dulu identik dengan terminal, pasar, dan pusat belanja rakyat, kini kawasan ini juga menjadi arena anak muda menikmati gaya hidup urban.

近年、ブロックMの様相は変化し続けています。かつてはターミナル、市場、そして市民向けのショッピングセンターの代名詞だったこのエリアですが、今では若者が都会的なライフスタイルを楽しむための場所となっています。

"Yang saya suka dari Blok M itu karena lengkap. Bisa makan enak, bisa nongkrong, bisa belanja, bahkan bisa cari barang bekas atau vintage," kata Rangga (28), warga Cipulir.

「ブロックMが好きなのは、すべてが揃っているからです。美味しい食事も、ぶらぶらするのも、買い物も、中古品やヴィンテージ品を探すのも自由です」と、チプリル在住のランガさん(28歳)は言います。

Ia menilai, kawasan Blok M seperti punya "layer-layer" yang menarik untuk dijelajahi. Di satu sisi ada nostalgia pasar dan buku bekas, di sisi lain ada tempat ngopi Instagramable dan galeri seni.

彼はブロックMエリアには、探索すべき興味深い「層」があると考えています。一方では市場や古本のノスタルジックな雰囲気があり、他方ではインスタ映えするコーヒーショップやアートギャラリーがあります。

Dengan posisi strategis dan ragam fungsi, Blok M selalu hidup. Bahkan pada malam hari, deretan warung tenda, bar, dan live music di kawasan Jalan Falatehan tetap menggeliat.

戦略的な立地と多様な機能を備えたブロックMは、常に活気に満ちています。夜になっても、ジャラン・ファラテハン地区の屋台、バー、ライブミュージックは賑わっています。

Kehadiran MRT dan integrasi antarmoda turut memperkuat peran kawasan ini sebagai simpul mobilitas warga.

MRTの存在と交通機関の連携は、このエリアが市民の移動拠点としての役割を強化しています。

Dengan segala aktivitasnya, Blok M tak hanya jadi tempat singgah, tetapi juga destinasi. Ia merangkul mereka yang datang untuk bekerja, berlibur, atau sekadar menikmati sore di tengah kota.

ブロックMは、あらゆるアクティビティを備えた場所であるだけでなく、目的地でもあります。仕事で来る人、休暇で来る人、あるいは街の中心部で午後を楽しむ人など、様々な人が訪れます。

Dari sisi kuliner, kawasan ini menawarkan banyak pilihan. Mulai dari jajanan legendaris di Blok M Square, tenant kekinian di M Bloc Market, hingga warung kopi kecil di gang-gang sekitarnya.

グルメの観点から見ると、このエリアは多くの選択肢を提供しています。まずはブロックMスクエアの伝説的なスナックから、Mブロックマーケットの現代的なテナント、そして周辺の路地裏にある小さなコーヒーショップまで。

Tidak sedikit pula yang menyebut Blok M sebagai “hidden gem hunter’s paradise”.

ブロックMを「隠れた名店ハンターの楽園」と呼ぶ人も少なくありません。

Beberapa area seperti Pasar Buku Blok M, toko kaset lawas, dan lapak barang antik menjadi destinasi tersendiri bagi pemburu barang vintage.

ブロックMブックマーケット、古いカセットテープ店、アンティーク屋台など、ヴィンテージハンターたちの目的地となっているエリアがいくつかあります。

 

Dengan identitas yang terus berkembang, Blok M tetap setia pada akar fungsionalnya sebagai terminal dan pusat pertemuan banyak arah. Namun, kawasan ini juga tumbuh sebagai ruang publik yang inklusif dan dinamis.

常に進化を続けるブロックMは、ターミナル駅や多方向へのミーティングセンターとしての機能的なルーツを忠実に守り続けています。しかし同時に、このエリアは包括的でダイナミックな公共空間としても成長しています。

 

https://www.youtube.com/watch?v=wWJBgB2EHC0

REALITAS - Mati Suri Kertajati

現実 - クルタジャティ空港の突然の終焉

Bandara Kertajati, Realita Pahit Proyek Triliunan

クルタジャティ空港:巨額プロジェクトの苦い現実

Dibangun dengan dana APBN sangat besar, yakni mencapai Rp 2,6 triliun, Bandara Kertajati di Majalengka kini masih sepi. Pengelola bandara pun terus merugi.

2兆6000億ルピアという巨額のAPBN基金を投じて建設されたマジャレンカのクルタジャティ空港は、依然として静まり返っている。空港運営会社は損失に苦しんでいる。

Dalam setahun saja, kerugian yang diderita PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (Perseroda) atau BIJB, selaku pengelola bandara sudah mencapai Rp 60 miliar.

空港運営会社であるPT Bandarudara Internasional Jawa Barat (Perseroda)、通称BIJBは、わずか1年で600億ルピアの損失を被った。

BIJB sendiri merupakan perusahaan daerah yang sebagian besar sahamnya dimiliki Pemprov Jawa Barat. Pemasukan jauh dari kata cukup untuk menutup ongkos operasional dan pemeliharaan, membuat keuangan BUMD ini sangat terbebani.

BIJB自体は地域企業であり、その株式の大部分は西ジャワ州政府が保有している。収益は運営費と維持費を賄うには程遠く、このBUMDの財政は深刻な負担となっている。

Pakar transportasi perkotaan yang juga Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno, Bandara Kertajati menilai selama ini memang tak jadi pilihan utama warga Bandung.

インドネシア交通協会(MTI)センターのアドボカシー・コミュニティアフェアーズ責任者も務める都市交通専門家のジョコ・セティジョワルノ氏は、クルタジャティ空港はバンドン市民にとって主要な選択肢ではないと評価した。

Alih-alih mendapat limpahan penumpang pasca-ditutupnya Bandara Husein Santranegara, banyak warga Bandung dan sekitarnya justru memilih terbang melalui Jakarta, baik Bandara Halim Perdanakusuma maupun Bandara Soetta di Tangerang.

フセイン・サントラネガラ空港の閉鎖後、乗客の流入は減ったものの、バンドンとその周辺地域の多くの住民は、ジャカルタのハリム・ペルダナクスマ空港かタンゲランのソエッタ空港を経由して飛行機を利用するようになった。

"Karena banyak orang memilih ke Halim. Sekarang akses ke sana sudah semakin mudah, ada kereta, ada Whoosh (kereta cepat), jaringan jalan (ke Jakarta) semakin bagus," terang Djoko saat dihubungi, dikutip pada Rabu (25/6/2025).

「多くの人がハリム空港を選んでいるからです。ハリムへのアクセスは容易になり、鉄道や高速列車(Whoosh)も開通し、(ジャカルタへの)道路網も整備されています」と、ジョコ氏は水曜日(2025年6月25日)に取材に対し説明した。

Sementara kantong penumpang pesawat udara yang berasal dari wilayah Jabar bagian Timur, juga tak sesuai harapan. Kota Cirebon dan sekitarnya masih jauh dari kata kota metropolitan untuk bisa menopang keberlangsungan bandara besar.

一方、西ジャワ州東部からの航空機利用者も期待ほどには伸びていない。チルボン市とその周辺地域は、大規模空港の持続可能性を支えるほどの大都市には程遠い。

"Sebenarnya kalau mau jujur, penumpang pesawat Bandara Kertajati ini utamanya berasal dari sekitar hinterland (pinggiran) seperti Cirebon, Brebes, Indramayu, kemudian Majalengka itu sendiri," kata joko.

「実のところ、正直に言うと、クルタジャティ空港の飛行機利用者は、チルボン、ブレベス、インドラマユといった内陸部(郊外)から主に来ており、それからマジャレンカ空港自体が利用者です」とジョコ大統領は述べた。

Optimisme Jokowi

Mengutip pemberitaan Kompas.com pada 11 Juli 2023, Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) pernah menyatakan optimismenya bahwa Bandara Kertajati Majalengka bakal ramai penumpang setelah tersambung Tol Cisumdawu. Di era Jokowi inilah, Bandara Kertajati dibangun, bahkan masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

ジョコウィ大統領の楽観的な見方

インドネシア共和国第7代大統領ジョコ・ウィドド氏(ジョコウィ氏)は、2023年7月11日付のKompas.comのニュースを引用し、チスムダウ有料道路が開通すればクルタジャティ・マジャレンカ空港は利用者で溢れかえるだろうと楽観的な見方を示した。クルタジャティ空港が建設されたのはジョコウィ大統領の時代であり、国家戦略プロジェクト(PSN)にも含まれていた。

"Setelah selesai ini, saya meyakini bandara ini akan menjadi bandara masa depan dengan traffic yang sangat padat," kata Jokowi di Bandara Kertajati, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

「これが完成すれば、この空港は非常に混雑した将来の空港になるだろう」とジョコウィ大統領はクルタジャティ空港で述べた。これは大統領官邸のYouTube動画から引用された。

Ia juga menyebut bahwa perjalanan dari Bandung menuju Bandara Kertajati dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam melalui Tol Cisumdawu. Warga Bandung pun tak perlu lagi terbang dari Jakarta.

また、ジョコウィ大統領は、チスムダウ有料道路を利用すれば、バンドンからクルタジャティ空港まで約1時間で移動できると述べた。バンドン市民はジャカルタから飛行機に乗る必要がなくなる。

"Kita harapkan dengan operasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Kertajati," kata Jokowi.

「この有料道路の開通により、クルタジャティ空港へのアクセスが容易になることを期待しています」とジョコウィ大統領は述べた。

Jokowi pun menjelaskan bahwa pemerintah awalnya berencana agar proyek Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati dapat rampung dalam waktu bersamaan.

ジョコウィ大統領はまた、政府は当初、チスムダウ有料道路とクルタジャティ空港の建設プロジェクトを同時に完成させる計画だったと説明した。

"Tapi sekali lagi karena pembebasan lahan, Airport Kertajati-nya selesai, tolnya belum selesai, sehingga ini mengganggu operasional dari Airport Kertajati," ujar Jokowi.

「しかし、土地収用のため、クルタジャティ空港は完成しているのに有料道路は未完成で、クルタジャティ空港の運営に支障をきたしています」とジョコウィ大統領は述べた。

Bandara terbesar kedua di Indonesia

インドネシアで2番目に大きな空港

Untuk diketahui saja, luas Bandara Kertajati mencapai 1.800 hektare yang terdiri dari 2 runways, area terminal penumpang seluas 121.000 meter persegi. Bandara ini juga dilengkapi dengan area terminal kargo seluas 90.000 meter.

注目すべきは、クルタジャティ空港の面積は1,800ヘクタールに及び、2本の滑走路と121,000平方メートルの旅客ターミナル面積を有していることである。この空港には、9万平方メートルの貨物ターミナルエリアも備わっています。

Dengan luasan itu, menjadikan Bandara Kertajati sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia. Ini belum menghitung luas area yang bakal dikembangkan.

この面積で、クルタジャティ空港はインドネシアで2番目に大きい空港です。ただし、この面積には開発予定のエリアは含まれていません。

Sebagai perbandingan, Bandara Hang Nadim di Batam dan Kuala Namu di Medan yang jadi bandara terbesar ketiga dan keempat di Tanah Air memiliki luas masing-masing 1.762 hektare dan 1.650 hektare.

比較対象として、バタム島のハン・ナディム空港とメダンのクアラナム空港は、インドネシアで3番目と4番目に大きい空港で、それぞれ1,762ヘクタールと1,650ヘクタールの面積を有しています。

Namun dengan luasan sangat besar itu, nyatanya infrastruktur megah ini menjadi mubazir karena minimnya penerbangan. Alhasil, PT BIJB sebagai pengelola, harus menanggung kerugian sangat besar.

しかし、これほど広大な面積にもかかわらず、この素晴らしいインフラは、実際には就航便の減少によって無駄になっています。その結果、管理者であるPT BIJBは、莫大な損失を被らざるを得ません。

Bandara ini awalnya diproyeksikan bisa melayani hingga 12 juta penumpang per tahun hingga 2024, dan diproyeksikan mencapai 29,3 juta penumpang per tahun pada 2032 (Kemenhub, 2023).

当初、この空港は2024年まで年間最大1,200万人の旅客に対応すると予測されていましたが、2032年までに年間2,930万人に達すると予測されています(運輸省、2023年)。

Adapun berdasarkan catatan Kompas.com, kondisi Bandara Kertajati sepi bisa tampak dari data penumpang sepanjang tahun 2024, pergerakan penumpang dari dan menuju Bandara Kertajati sebanyak 413.240 penumpang.

Kompas.comの記録によると、2024年を通してのクルタジャティ空港の旅客データから、同空港の閑散とした状況が見て取れます。同空港を発着する旅客数は413,240人でした。

Sebesar 82,8 persen merupakan penerbangan domestik, sementara 17,2 persen merupakan penerbangan internasional.

国内線は82.8%、国際線は17.2%でした。

Artinya bila menggunakan indikator target 12 juta penumpang per tahun, volume penumpang Bandara Kertajati pada 2024, cuma sekitar 3 persen saja.

これは、年間旅客数1,200万人という目標指標を用いた場合、2024年のクルタジャティ空港の旅客数はわずか3%程度にとどまることを意味します。

Bahkan di tahun 2023, jumlah penumpang yang naik turun di bandara ini jauh lebih sedikit, hanya tercatat sebesar 135.535 penumpang.

2023年でさえ、同空港の乗降客数は135,535人にとどまり、はるかに少ない数でした。

 

https://www.youtube.com/watch?v=iaRQMDO2HNY

Bandara Kertajati Bangkit! Strategi Gila Dedi Mulyadi Bikin Semua Terbelalak

クルタジャティ空港が誕生!デディ・ムルヤディの奇想天外な戦略に誰もが驚く

Dedi Mulyadi Ungkap Strategi Besar di Balik Pembangunan Bandara Kertajati, Siap Jadi Pusat Umrah dan Pendorong Ekonomi Rebana

デディ・ムルヤディ州知事、クルタジャティ空港開発の壮大な戦略を明らかに。ウムラ(小巡礼)の中心地、そしてレバナ経済の牽引役となる準備が整った。

20 Mei 2025

Majalengka, Media Entrepreuneur — Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi mengungkap latar belakang strategis di balik pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, serta ambisi besar pemerintah provinsi untuk menjadikan bandara ini sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi baru di wilayah utara Jawa Barat. Hal ini disampaikannya dalam forum detikcom Regional Summit 2025 yang berlangsung di lokasi bandara, Majalengka.

2025年5月20日

マジャレンカ、メディア起業家 — 西ジャワ州知事デディ・ムルヤディ氏は、西ジャワ国際空港(BIJB)クルタジャティ開発の戦略的背景と、同空港を西ジャワ州北部の新たな経済成長の牽引役にするという州政府の壮大な野望を明らかにした。同氏は、空港所在地のマジャレンカで開催された「detikcom Regional Summit 2025」フォーラムでこの目標を表明した。

Menurut Dedi, kehadiran BIJB bukan sekadar proyek infrastruktur, melainkan langkah nyata untuk menciptakan pusat pertumbuhan baru di kawasan Rebana (Cirebon–Patimban–Kertajati), sekaligus menghentikan wacana lama mengenai pemekaran wilayah menjadi Provinsi Cirebon.

デディ氏によると、BIJBの存在は単なるインフラ整備プロジェクトではなく、レバナ地域(チルボン、パティンバン、クルタジャティ)に新たな成長拠点を創出するための真の一歩であり、チルボン県への同地域の拡大という従来の議論に終止符を打つものである。

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka menjadi pusat pemberangkatan jamaah umrah.

ブディ・カリヤ・スマディ運輸大臣は、マジャレンカの西ジャワ国際空港(BIJB)ケルタジャティがウムラ巡礼者の出発センターになることを確認した。

 

私のコメント Komentar Saya

この空港をジョコウィは、何故作ったのか理解に苦しむ。ジャカルタの空港の混む直ぐているからだと思うが、場所が悪い。ジョクウィの負の遺産の一つになっている。

Saya sulit memahami alasan Jokowi membangun bandara ini. Saya kira karena bandara Jakarta terlalu ramai, tapi lokasinya buruk. Ini menjadi salah satu warisan negatif Jokowi.

田舎で、土地の価格が安かったから、ここにしたのだと思うが、町から遠いし、アクセスが悪い。ムディック(聖地巡礼)の団体さんに使ってもらおうとしたが、結局、彼らからも嫌われた。

Saya kira mereka membangunnya di sini karena harga tanahnya murah, tetapi jauh dari kota dan aksesnya buruk. Mereka ingin agar digunakan oleh para haji, namun mereka pun tidak menyukainya.

高速鉄道をバンドゥン方向ではなく、スマラン方向にしたらよかったのに、これもジョコウィの大失敗だ。

Akan lebih baik jika kereta cepat dibangun di Semarang daripada di Bandung, tetapi ini adalah kesalahan besar lainnya yang dilakukan Jokowi.


Comment    この記事についてブログを書く
  • X
  • Facebookでシェアする
  • はてなブックマークに追加する
  • LINEでシェアする
« (^_-)-☆ロンボク島のリンジャ... | TOP | (^_-)-☆Pembangkit Listrik T... »
最新の画像もっと見る

post a comment

サービス終了に伴い、10月1日にコメント投稿機能を終了させていただく予定です。

Recent Entries | 情報