goo blog サービス終了のお知らせ 

南の島の土着民風自由人

自分の生活、計画し実行してきましたが、病気や人間関係など思いがけない障害に遭遇しました。

(^_-)-☆KCJB bukan hanya masalah kerugian besar

2025-08-19 23:47:10 | korpusi

 6066 KCJBは、走れば走るほど損失が増える。問題はそれだけではない。周辺への大騒音、在来線との繋がりなどだ。借金の罠も大問題だ。

Semakin sering KCJB beroperasi, semakin besar kerugian yang dideritanya. Namun, bukan itu satu-satunya masalah. Ada masalah lain, seperti kebisingan yang ditimbulkannya di daerah sekitarnya dan koneksinya dengan jalur konvensional. Perangkap utang juga merupakan masalah utama.

 

https://www.youtube.com/watch?v=JRnGp4bNow8

Kereta Cepat Whoosh Rugi Rp 1,6 Triliun, BUMN Tercekik Beban Utang China

Whoosh高速鉄道、1兆6000億ルピアの損失、中国の債務負担が国有企業を圧迫

Whoosh Rugi Rp1 Triliun di Semester I 2025: Beban Berat bagi Keuangan KAI.

Whoosh、2025年上半期に1兆ルピアの損失:KAIの財務に重くのしかかる。

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (Whoosh) mencatatkan kerugian sebesar Rp1 triliun pada semester pertama 2025, memberikan tekanan signifikan terhadap keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

ジャカルタ・バンドン高速鉄道(Whoosh)プロジェクトは、2025年上半期に1兆ルピアの損失を記録し、PT Kereta Api Indonesia (Persero)(KAI)の財務に大きな負担をかけている。

Menurut laporan keuangan konsolidasi per Juni 2025, kerugian ini terutama berasal dari kepemilikan saham mayoritas KAI sebesar 58,53 persen di PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), konsorsium pengelola Whoosh.

2025年6月時点の連結財務報告書によると、この損失は主に、Whooshを管理するコンソーシアムであるPT Pilar Sinergi BUMN Indonesia(PSBI)におけるKAIの過半数株式58.53%の保有に起因している。

“Kerugian ini mencerminkan tantangan besar dalam menutup biaya investasi dan operasional yang tinggi,” ujar manajemen KAI dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 16 Agustus 2025.

「この損失は、高額な投資および運用コストを賄うという大きな課題を反映している」と、KAIの経営陣は2025年8月16日にインドネシア証券取引所(IDX)に提出した情報開示資料の中で述べた。

Kerugian bersih PSBI yang dikontribusikan ke KAI mencapai Rp951,48 miliar hingga Juni 2025. Jika digabungkan dengan kerugian semester II 2024, total kerugian KAI dari proyek Whoosh mencapai Rp1,9 triliun dalam setahun terakhir, dengan kerugian tahunan 2024 mencapai Rp2,69 triliun.

PSBIのKAIへの純損失は、2025年6月時点で9,514.8億ルピアに達した。2024年下半期の損失と合わせると、WhooshプロジェクトによるKAIの過去1年間の損失総額は1.9兆ルピアに達し、2024年の年間損失は2.69兆ルピアに達する。

 Sejak beroperasi secara komersial pada Oktober 2023, pendapatan Whoosh belum mampu menutupi biaya investasi sebesar US$7,2 miliar (setara Rp116,54 triliun dengan kurs Rp16.186 per dolar AS), termasuk pembengkakan biaya (cost overrun) US$1,2 miliar atau Rp19,42 triliun.

2023年10月に商業運転を開始して以来、Whooshの収益は、12億米ドル(19.42兆ルピア)のコスト超過を含む、72億米ドル(1米ドルあたり16,186ルピアの為替レートで116.54兆ルピアに相当)の投資コストを賄うのに十分ではない。

Konsorsium PSBI, yang dibentuk KAI bersama BUMN lain seperti PT Wijaya Karya (WIKA, 33,36 persen), PT Jasa Marga (JSMR, 7,08 persen), dan PTPN VIII (1,03 persen), menghadapi tekanan keuangan yang signifikan.

KAIがPTウィジャヤ・カルヤ(WIKA、33.36%)、PTジャサ・マルガ(JSMR、7.08%)、PTPN VIII(1.03%)などの他の国有企業と共同で設立したPSBIコンソーシアムは、深刻な財務的圧力に直面しています。

 Selain itu, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), yang dikelola PSBI (60 persen saham) dan konsorsium China Railway (40 persen saham), juga menanggung beban utang besar, terutama dari pinjaman China Development Bank (CDB). “Utang dan bunga yang tinggi menjadi faktor utama kerugian berlanjut,” jelas laporan Kompas.com pada 15 Agustus 2025.

さらに、PSBI(60%の株式保有)と中国鉄道コンソーシアム(40%の株式保有)が運営するPTインドネシア・チャイナ(KCIC)も、主に中国開発銀行(CDB)からの融資による多額の負債を抱えています。「高額な負債と金利が、継続的な損失の主な要因となっている」と、Kompas.comは2025年8月15日付の報道で説明しています。

 

Tantangan Operasional dan Keuangan

Sejak beroperasi, Whoosh menghadapi tantangan seperti tingkat okupansi yang fluktuatif dan belum mencapai titik impas (break-even point).

運営および財務上の課題

Whooshは創業以来、稼働率の変動などの課題に直面しており、未だ損益分岐点に達していません。

 Menurut data yang diunggah oleh akun X @MichelAdam1515 pada 15 Agustus 2025, jumlah penumpang harian rata-rata hanya 16.436 dari target 31.000, dengan pendapatan kotor dari 17 Oktober 2023 hingga 28 Juli 2025 diperkirakan Rp2,68 triliun (asumsi tiket Rp250.000).

2025年8月15日にアカウント@MichelAdam1515がアップロードしたデータによると、1日平均乗客数は目標の31,000人に対し、わずか16,436人にとどまりました。また、2023年10月17日から2025年7月28日までの総収入は2.68兆ルピアと推定されています(航空券価格250,000ルピアを想定)。

 Namun, beban bunga utang tahunan mencapai Rp1,96 triliun, belum termasuk biaya operasional dan investasi lainnya. Hal ini menyebabkan kerugian terus berlanjut.

しかしながら、年間の負債利息費用は、運営費やその他の投資を除いて1.96兆ルピアに達しました。これが継続的な損失につながっています。

Laporan keuangan KAI per 30 Juni 2025 (unaudited) juga mencatat kerugian PSBI sebesar Rp4,195 triliun sepanjang 2024, dengan kerugian tambahan Rp1,625 triliun pada semester I 2025. Beban ini berdampak pada keuangan empat BUMN yang tergabung dalam konsorsium, dengan KAI menanggung porsi terbesar karena kepemilikan saham mayoritas.

KAIの2025年6月30日時点の財務報告書(監査未了)には、PSBI(公社債発行会社)の損失が2024年を通じて4兆1,950億ルピア、さらに2025年上半期に1兆6,250億ルピアに達すると記録されています。この損失は、コンソーシアムに参加している4つの国有企業(SOE)の財務に影響を与え、過半数株式を保有するKAIが最大の損失を被りました。

Pembangkakan biaya proyek sejak 2016, termasuk masalah pembebasan lahan dan perubahan desain konstruksi, turut memperparah situasi. Badan Pengelola Investasi Danantara (Danantara Indonesia) kini memprioritaskan restrukturisasi pembiayaan proyek ini untuk mengurangi beban keuangan. “Proyek ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi Danantara,” tulis AkuratNews pada 16 Agustus 2025.

2016年以降、土地取得問題や建設設計の変更など、プロジェクトコストの超過が状況を悪化させています。ダナンタラ投資管理会社(ダナンタラ・インドネシア)は現在、財務負担を軽減するため、プロジェクトの資金調達の再編を最優先課題としています。 「このプロジェクトはダナンタラにとって大きな課題だ」と、AkuratNewsは2025年8月16日に報じた。

 

Dampak pada KAI dan BUMN Lain

Kerugian Whoosh tidak hanya membebani KAI, tetapi juga BUMN lain dalam konsorsium. WIKA dan JSMR, meskipun memiliki porsi saham lebih kecil, turut merasakan tekanan keuangan.

KAIと他の国有企業への影響

Whooshの損失は、KAIだけでなく、コンソーシアムを構成する他の国有企業にも負担を強いた。WIKAとJSMRは、出資比率は少なかったものの、財務的な圧力を感じていた。

 Menurut laporan Nawabineka pada 17 Agustus 2025, kerugian ini berpotensi memengaruhi rencana ekspansi KAI di masa depan, terutama karena KAI selama ini dikenal sebagai salah satu BUMN dengan kinerja keuangan yang sehat. “Situasi ini bisa mengganggu keberlanjutan proyek kereta cepat lainnya,” kata seorang pakar ekonomi yang dikutip dalam laporan tersebut.

Nawabinekaが2025年8月17日に発表した報告書によると、これらの損失は、特にKAIが健全な財務実績を誇る国有企業として知られていることを踏まえると、KAIの将来の事業拡大計画に影響を及ぼす可能性がある。「この状況は、他の高速鉄道プロジェクトの持続可能性を損なう可能性がある」と、報告書に引用された経済専門家は述べた。

Sejumlah komentar di platform X mencerminkan sentimen publik yang kritis terhadap proyek ini. Akun @Strategi_Bisnis pada 17 Agustus 2025 menyebut Whoosh sebagai “bom waktu” dengan kerugian tahunan Rp1,9 triliun dan utang Rp100 triliun yang berpotensi membebani KAI selama puluhan tahun. Akun @taufik_q juga menyoroti beban utang dan bunga tinggi kepada pihak China, yang memperparah kerugian konsorsium BUMN.

Xプラットフォームに関するいくつかのコメントは、このプロジェクトに対する国民の批判的な感情を反映している。アカウント@Strategi_Bisnisは2025年8月17日、Whooshを「時限爆弾」と呼び、年間1.9兆ルピアの損失と100兆ルピアの負債を抱え、KAIに数十年にわたる負担を強いる可能性があると指摘しました。アカウント@taufik_qはまた、中国側への多額の負債と金利負担が国営企業コンソーシアムの損失を悪化させていると指摘しました。

 

Prospek dan Tantangan ke Depan

Pemerintah Indonesia kini lebih berhati-hati dalam merencanakan ekspansi proyek kereta cepat, seperti rute Jakarta-Surabaya, setelah pengalaman pahit dengan pembengkakan biaya Whoosh.

将来の見通しと課題

インドネシア政府は、Whooshのコスト超過という苦い経験を経て、ジャカルタ-スラバヤ路線などの高速鉄道拡張プロジェクトの計画に慎重になっています。

 Laporan Kompas.com menyebutkan bahwa tambahan utang dari China dan dukungan APBN digunakan untuk menutup cost overrun, yang kini menjadi fokus restrukturisasi oleh Danantara. Analis menyarankan bahwa peningkatan okupansi penumpang dan optimalisasi pendapatan, seperti melalui pengembangan kawasan komersial di sekitar stasiun, dapat membantu mengurangi kerugian.

Kompas.comの報道によると、中国からの追加融資と政府予算による支援は、現在ダナンタラの再建策の焦点となっているコスト超過分を補填するために利用されました。アナリストは、駅周辺の商業地区開発などを通じて乗客の乗車率を向上させ、収益を最適化することが損失の軽減につながる可能性があると示唆しています。

Meski menghadapi tantangan, KAI tetap mencatat kinerja positif di sektor lain, dengan 286 juta penumpang terlayani sepanjang 2025, menurut laporan Riau1.com.

Riau1.comの報道によると、KAIは様々な課題を抱えながらも、他の分野では引き続き好調な業績を記録しており、2025年までに2億8,600万人の乗客数を達成する見込みです。

 Namun, beban keuangan dari Whoosh menjadi sorotan utama yang membutuhkan solusi strategis. “Pemerintah perlu mengevaluasi model bisnis Whoosh untuk memastikan keberlanjutan,” ujar seorang ekonom dari Universitas Indonesia pada 17 Agustus 2025.

しかしながら、Whooshの財政負担は大きな懸念事項であり、戦略的な解決策が求められています。「政府はWhooshの事業モデルを評価し、持続可能性を確保する必要がある」と、インドネシア大学の経済学者は2025年8月17日に述べました。

Proyek Whoosh, meskipun merupakan langkah ambisius dalam modernisasi transportasi Indonesia, kini dihadapkan pada tantangan keuangan yang kompleks. Dengan kerugian yang terus bertambah dan utang jangka panjang, langkah-langkah restrukturisasi dan optimalisasi operasional menjadi krusial untuk mengurangi dampaknya terhadap KAI dan BUMN lainnya.

Whooshプロジェクトは、インドネシアの交通機関の近代化に向けた野心的な一歩ではありますが、現在、複雑な財政課題に直面しています。損失と長期債務が増大する中、KAIをはじめとする国営企業への影響を軽減するためには、事業再編と業務最適化策が不可欠です。

 

https://www.youtube.com/watch?v=OGaGZL2Z1Cw

KPK Bakal Panggil Jokowi Terkait Kasus Dugaan Korupsi Kuota Haji yang Telan Kerugian Negara Rp 1 Triliun.

KPK、2024年のハッジ巡礼者数に関する汚職疑惑でジョコウィ大統領を召喚へ

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka kemungkinan memanggil Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), dalam kasus dugaan korupsi kuota haji 2024.

汚職撲滅委員会(KPK)は、2024年のハッジ巡礼者数に関する汚職疑惑で、インドネシア共和国第7代大統領ジョコ・ウィドド氏(ジョコウィ氏)を召喚する可能性を検討している。

Sebab, kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji diduga terjadi pada masa akhir pemerintahan Jokowi.

これは、ハッジ巡礼組織における汚職疑惑が、ジョコウィ政権末期に発生したとされているためである。

Kasus ini berpusat pada penyelewengan kuota haji tambahan sebanyak 20 ribu jamaah, dengan estimasi kerugian negara lebih dari Rp 1 triliun.

この事件は、2万人の巡礼者数の追加割り当ての不正流用をめぐるもので、国家の損失は1兆ルピアを超えると推定されている。

Juru Bicara KPK, Budi Prasetyo, menegaskan lembaga antirasuah tidak akan tebang pilih dalam memanggil saksi-saksi untuk dimintai keterangannya. Pemanggilan saksi-saksi, termasuk terhadap Jokowi, sepenuhnya bergantung pada kebutuhan penyidik.

KPK報道官のブディ・プラセティオ氏は、汚職撲滅委員会は証人召喚において選別的な対応はしないと強調した。ジョコウィ大統領を含む証人の召喚は、捜査官の必要に応じて行われる。

"KPK terbuka untuk memanggil siapa saja yang diduga mengetahui konstruksi perkara ini dan dapat membantu membuka serta membuat terang penanganan perkara ini," kata Budi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin, 11 Agustus 2025.

「汚職撲滅委員会(KPK)は、この事件の構造について知識があり、事件の取り扱いを解明し、その詳細を明らかにするのに役立つ可能性のある人物であれば、誰でも召喚する用意がある」と、ブディ氏は2025年8月11日(月)、ジャカルタのKPK赤白ビルで述べた。

Keterkaitan nama Jokowi muncul karena tambahan kuota 20 ribu jamaah merupakan hasil lobi dirinya kepada pemerintah Arab Saudi. Hal itu semata untuk memangkas tenggat waktu tunggu calon jamaah haji, kurang lebih selama 15 tahun.

ジョコウィ大統領の名前が挙がったのは、巡礼者2万人の追加枠が、サウジアラビア政府へのロビー活動の結果だったためである。これは、ハッジ巡礼を希望する人々の約15年の待機期間を短縮するためだけのものだった。

Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu, menjelaskan permintaan tersebut bertujuan memangkas antrean haji reguler yang bisa mencapai belasan tahun.

KPK執行担当副大臣代理のアセップ・グントゥール・ラハユ氏は、この要請は数十年に及ぶこともある通常のハッジ巡礼者の待機期間を短縮することを目的としていると説明した。

"Tambahan 20 ribu kuota ini hasil pertemuan Presiden RI (saat itu Jokowi) dengan pemerintah Arab Saudi. Alasannya karena antrean haji reguler sampai 15 tahun lebih," ujar Asep, Sabtu, dini hari.

「この2万人の追加割り当ては、インドネシア共和国大統領(当時ジョコウィ氏)とサウジアラビア政府との会談の結果です。理由は、通常のハッジ巡礼者の待機期間が15年以上もかかっていたためです」とアセップ氏は土曜日早朝に述べた。

Namun, dugaan korupsi terjadi karena pembagian kuota tambahan itu tidak sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Sesuai aturan, 92 persen kuota harus untuk haji reguler dan 8 persen untuk haji khusus.

しかし、今回の不正疑惑は、追加割り当ての配分がハッジおよびウムラ巡礼の実施に関する2019年法律第8号の規定に違反していたことに起因する。規定によれば、割り当ての92%は通常のハッジ巡礼者、8%は特別ハッジ巡礼者に割り当てられる。

Jika mengacu aturan, dari 20 ribu kuota tambahan, seharusnya 18.400 untuk jamaah haji reguler dan 1.600 untuk haji khusus. Namun, pembagian dilakukan 50:50, 10 ribu untuk reguler dan 10 ribu untuk khusus.

規則によれば、2万人の追加割り当てのうち、1万8400人は通常のハッジ巡礼者、1600人は特別ハッジ巡礼者に割り当てられるはずでした。しかし、配分は50対50で、通常の巡礼者に1万人、特別巡礼者に1万人が割り当てられていました。

"Itu yang menjadi perbuatan melawan hukumnya, karena dibagi dua tidak sesuai aturan," jelas Asep.

「これは違法行為です。2つの配分が規則に違反しているからです」とアセップ氏は説明しました。

KPK menduga penyimpangan ini menjadi sumber kerugian negara yang ditaksir lebih dari Rp 1 triliun. Meski naik ke tahap penyidikan, KPK masih mencari pemberi perintah di balik kebijakan ilegal ini, serta pihak yang menerima aliran dana.

汚職撲滅委員会(KPK)は、この不正行為が1兆ルピア以上と推定される国家損失の原因であると疑っています。捜査は進展していますが、KPKは依然として、この違法な政策を指示した人物と資金の受取人の捜索を続けています。

Potensial tersangkanya tentu terkait alur perintah dan aliran dana. Siapa yang memerintahkan pembagian kuota tidak sesuai aturan ini," pungkasnya.***

容疑者候補は、間違いなくこの指示と資金の流れに関係しています。誰がこれらの規則に違反する割り当て配分を指示したのでしょうか?」とアセップ氏は結論付けました。***

通勤に高速を使ってみた。朝はチバトゥインターから左ジャカルタ方面へ、昼過ぎ、右カラワンティムールへ向かった。

車線によって、色が違う舗装。白い方はコンクリートだが、中間色は、何故でしょう。

カラワンバラットよりちょっと東、高架高速との出会い場所。

カラワンティムールからの帰り、チバトゥインターで出たが、トラックが寝ていた。横転するような場所じゃないが。


Comment    この記事についてブログを書く
  • X
  • Facebookでシェアする
  • はてなブックマークに追加する
  • LINEでシェアする
« (^_-)-☆Hari Kemerdekaan ke-... | TOP | (^_-)-☆MM2100から高速道路で... »
最新の画像もっと見る

post a comment

サービス終了に伴い、10月1日にコメント投稿機能を終了させていただく予定です。

Recent Entries | korpusi