goo blog サービス終了のお知らせ 

南の島の土着民風自由人

自分の生活、計画し実行してきましたが、病気や人間関係など思いがけない障害に遭遇しました。

(^_-)-☆独立80年、しかし、自立はまだしていない

2025-08-16 23:47:04 | 状況

 6063 大統領の演説の中に、“ブルディリ”という言葉を初めて聞いた。

80 tahun merdeka, tetapi kita belum berdiri

 Saya mendengar kata "berdiri" untuk pertama kalinya dalam pidato presiden.

https://www.youtube.com/watch?v=JKyD1_A-xn0

Standing Applause Sambut Pidato Perdana Presiden Prabowo di Sidang Tahunan MPR 2025.

2025年MPR年次総会におけるプラボウォ大統領の就任演説には、拍手喝采が沸き起こりました。

 Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya di Sidang Tahunan MPR 2025.

プラボウォ・スビアント大統領は、2025年MPR年次総会で就任演説を行いました。

“Negara kita harus bisa berdiri di atas kaki kita sendiri. Negara kita harus berdaulat secara ekonomi, dan mampu memenuhi kebutuhan pangan kita sendiri,” kata Prabowo, Jumat (15/8/2025).

「我が国は自立できなければなりません。我が国は経済的に独立し、自国の食料需要を満たすことができなければなりません」とプラボウォ大統領は金曜日(2025年8月15日)に述べました。

Ia menekankan dalam negara modern dalam suatu negara modern perlu ada pengawasan.

彼は、近代国家においては監督が不可欠であると強調しました。

“Jika ada kekuasaan yang tidak diawasi maka ia akan korup. Kekuasaan yang absolut akan korup secara absolut,” kata Prabowo.

「権力は監視されなければ腐敗します。絶対的な権力は絶対に腐敗します」とプラボウォ大統領は述べました。

“Kita paham bahwa korupsi adalah masalah terbesar bangsa kita. Perilaku korup ada di setiap eselon birokrasi kita. Ada di setiap institusi dan organisasi Pemerintahan. Perilaku korup ada di BUMN-BUMN kita, ada di BUMD-BUMD kita. Ini bukan fakta yang harus kita tutup-tutupi,” lanjutnya.

「汚職が我が国最大の問題であることは理解しています。官僚機構のあらゆる階層に腐敗行為が蔓延しています。あらゆる政府機関・組織に蔓延しています。国営企業(BUMN)にも地方企業(BUMD)にも腐敗行為は存在します。これは隠蔽すべき事実ではありません」と彼は続けた。

Pidato Perdana Prabowo di MPR: Dunia Akui Suksesi Pemimpin RI Sangat Baik

プラボウォ氏、人民諮問議会(MPR)での就任演説:世界はインドネシアの指導者交代を素晴らしいと認めている

 Dalam pidato perdananya di Sidang Tahunan MPR sebagai Presiden RI, Prabowo Subianto mengatakan banyak negara tetangga yang memuji transisi kepemimpinan di Indonesia.

プラボウォ・スビアント大統領は、MPR年次総会での就任演説で、多くの近隣諸国からインドネシアの指導者交代を称賛されていると述べた。

 Prabowo mengungkapkan, setiap kali dirinya ke luar negeri, banyak petinggi negara setempat yang menanyakan hal itu. Sebab, menurut Prabowo, tidak semua negara mampu melaksanakan transisi kepemimpinan dengan baik dan lancar seperti Indonesia.

プラボウォ氏は、海外を訪問するたびに、多くの現地政府関係者からその件について質問されると明かした。プラボウォ氏によると、すべての国がインドネシアのように指導者交代を円滑かつ円滑に実施できるわけではないという。

 "Di mana-mana ketika saya berada di luar negeri, banyak pemimpin negara sahabat bertanya kepada saya, 'How did you do it? How did Indonesia manage?'," ungkap Prabowo di Sidang Tahunan MPR RI, Jakarta, Jumat (15/8/2025).

「海外へ行くたびに、多くの友好国の指導者から『どうやってやったんだ?インドネシアはどうやってやっているんだ?』と聞かれる」と、プラボウォ氏は2025年8月15日(金)にジャカルタで開催されたMPR年次総会で述べた。

Ia selalu menjawab bahwa Indonesia menganut demokrasi yang khas Indonesia.

プラボウォ氏は常に、インドネシアはインドネシア独自の民主主義を堅持していると答えてきた。

Dalam kesempatan ini, ia juga mengatakan bahwa transisi kepemimpinan dari Presiden ke-7 RI Joko Widodo ke dirinya sangat berjalan dalam persatuan, penuh kehormatan, dan kedewasaan politik.

また、この機会に、インドネシア共和国第7代大統領ジョコ・ウィドド氏から自身への指導者の交代は、団結と名誉、そして政治的成熟をもって行われたと述べた。

 Menurutnya, ini menjadi bukti bahwa demokrasi Indonesia sudah matang. Suksesi kepemimpinan di Indonesia diakui dunia sebagai suksesi yang baik.

プラボウォ氏によると、これはインドネシアの民主主義が成熟していることの証であり、インドネシアの指導者交代は国際的に成功例として認められている。

 "Peralihan kepemimpinan yang diakui dunia sebagai peralihan yang lancar dan sangat baik adalah bukti demokrasi kita matang dan kuat," ungkapnya.

「国際的にスムーズで素晴らしいと認められた指導者交代は、我が国の民主主義が成熟し、強固である証だ」とプラボウォ氏は述べた。

Acara di parlemen menjelang peringatan HUT ke-80 RI ini dihadiri oleh para perwakilan negara sahabat.

インドネシア共和国建国80周年を前に国会で行われたこの行事には、友好国の代表者が出席した。

Acara ini juga dihadiri oleh presiden dan wakil presiden terdahulu, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Joko Widodo (Jokowi), Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla (JK), Boediono, hingga Try Sutrisno.

このイベントには、スシロ・バンバン・ユドヨノ(SBY)、ジョコ・ウィドド(ジョコウィ)、マルフ・アミン、ユスフ・カラ(JK)、ブディオノ、トリ・ストリスノといった歴代大統領と副大統領も出席しました。

 Para pimpinan lembaga negara juga hadir di Sidang Tahunan MPR 2025 ini.  Terangi negeri dengan literasi, satu buku bisa membuka ribuan mimpi. Lewat ekspedisi Kata ke Nyata, Kompas.com ingin membawa ribuan buku ke pelosok Indonesia. Bantu anak-anak membaca lebih banyak, bermimpi lebih tinggi. Ayo donasi via Kitabisa!

2025年MPR年次総会には、各国の首脳も出席しました。識字率向上で国民を啓発しましょう。一冊の本が何千もの夢を解き放つことができます。「カタ・ケ・ニャタ(言葉を現実に)」探検隊を通じて、Kompas.comはインドネシアの遠隔地に何千冊もの本を届けることを目指しています。子どもたちがもっと読書をし、より大きな夢を持てるよう支援しましょう。Kitabisaを通じてご寄付をお待ちしております。

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=MXXrg_r_1yY

KERETA CEPAT JOKOWI RUGI TERUS TIAP TAHUN, BONCOS 2T KABARNYA

ジョコウィ大統領の高速鉄道は毎年損失を出し続け、2兆ルピアの損失も報告されている

Konsorsium BUMN RI Rugi Rp 1,62 Triliun Gara-gara Kereta Cepat di 2025

インドネシア国営企業コンソーシアム、2025年の高速鉄道建設で1兆6200億ルピアの損失

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Whoosh terus membebani keuangan sejumlah BUMN yang terlibat di dalamnya.

ジャカルタ・バンドン高速鉄道(KCJB)、通称Whooshの建設は、関係する複数の国営企業の財政に依然として重荷となっている。

 Bahkan saat proyek sudah rampung dan beroperasi, Whoosh terus mencatat rugi dengan nilai sangat besar. Empat BUMN Indonesia yang tergabung dalam konsorsium PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), harus ikut menanggung beban utang dan bunga tinggi kepada pihak China.

プロジェクトが完成し、運行を開始した後も、Whooshは多額の損失を記録し続けている。PT Kereta Cepat Indonesia China(KCIC)コンソーシアムに加盟するインドネシア国営企業4社は、中国側への多額の負債と利息の負担を強いられている。

 Mayoritas pendanaan proyek ini berasal dari pinjaman China Development Bank (CDB), sementara sisanya ditopang oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta modal dari konsorsium perusahaan patungan BUMN Indonesia dan China. Dikerjakan sejak 2016, proyek KCJB mengalami pembengkakan biaya atau cost overrun sebesar 1,2 miliar dolar AS, setara sekitar Rp 18,02 triliun.

プロジェクトの資金の大部分は中国開発銀行(CDB)からの融資で賄われ、残りは国家予算(APBN)とインドネシア・中国の国有企業による合弁企業コンソーシアムからの資金で賄われました。2016年から建設が進められているKCJBプロジェクトは、12億米ドル(約18兆200億ルピア)のコスト超過を経験しました。

Hasil audit bersama yang disepakati kedua negara mencatat, total biaya pembangunan KCJB kini membengkak menjadi 7,27 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 108,14 triliun.

両国が合意した共同監査によると、KCJBの総建設費は現在、72億7000万米ドル(約108兆1400億ルピア)に膨れ上がっています。

BUMN rugi Rp 1,6 triliun Dalam Laporan Keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) per 30 Juni 2025 (unaudited), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia atau PT PSBI sebagai entitas asosiasi KAI, mencatatkan kerugian bersih sebesar Rp 4,195 triliun sepanjang tahun 2024.

国有企業は1兆6000億ルピアの損失を被っています。 2025年6月30日付けのPT Kereta Api Indonesia (Persero)の監査未了財務報告書によると、KAIの関連会社であるPT Pilar Sinergi BUMN Indonesia(PT PSBI)は、2024年を通じて4兆1,950億ルピアの純損失を計上しました。

 Kerugian masih berlanjut di tahun 2025. Per Juni 2025, PT PSBI kembali merugi dengan nilai cukup besar, yakni mencapai Rp 1,625 triliun.  Dampak dari kerugian besar yang diderita PT PSBI sebagai pemegang saham mayoritas di PT KCIC, maka perusahaan-perusahaan BUMN yang tergabung dalam konsorium harus ikut menanggung renteng kerugian dari operasional Whoosh.

損失は2025年も続き、2025年6月時点でPT PSBIは再び多額の損失を被り、1兆6,250億ルピアに達しました。PT PSBIが多額の損失を被ったため、PT KCICの筆頭株主であるコンソーシアムを構成する国有企業(SOE)は、Whooshの営業損失を負担しなければなりません。

 Misalnya saja, masih merujuk pada laporan keuangannya, PT KAI sebagai pemimpin konsorsium dengan kepemilikan 58,53 saham PT PSBI, sepanjang semester pertama 2025, KAI harus ikut menanggung rugi hampir Rp 1 triliun, yakni sebesar Rp 951,48 miliar.

例えば、PT PSBIの株式58.53%を保有するコンソーシアムのリーダーであるPT KAIは、財務報告書によると、2025年上半期に約1兆ルピア(約9,514.8億ルピア)の損失を被りました。

 Sementara pada tahun 2024, KAI harus ikut menanggung rugi sebesar Rp 2,23 triliun. Hal ini membuat keuangan KAI sangat terbebani setelah ditugasi pemerintah menjadi pengendali saham di Whoosh.

一方、2024年には、KAIは2兆2,300億ルピアの損失を被りました。これは、政府がWhoosh株の管理をKAIに委ねたことで、KAIにとって大きな財政的負担となりました。

Sebagai informasi, KAI dan tiga BUMNN lainnya membentuk perusahaan patungan PT PSBI sebagai pemegang saham mayoritas di konsorsium KCIC. Seluruh beban utang pembangunan proyek dan kerugian operasional Whoosh dibebankan kepada semua pemegang saham KCIC.

ちなみに、KAIは他の国営企業3社と合弁会社PT PSBIを設立し、KCICコンソーシアムの筆頭株主となりました。プロジェクト開発債務とWhooshの運営損失はすべて、KCICの全株主が負担しました。

 Konsorsium KCIC terdiri dari sembilan perusahaan. Dari pihak Indonesia, terdapat empat BUMN, yakni PT Wijaya Karya, PT Jasa Marga, PT Perkebunan Nusantara VIII, dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bertindak sebagai pemimpin konsorsium.

KCICコンソーシアムは9社で構成されています。インドネシア側からは、PTウィジャヤ・カルヤ、PTジャサ・マルガ、PTペルケブナン・ヌサンタラVIII、そしてPTケレタ・アピ・インドネシア(KAI)の4つの国有企業が参加し、PTがコンソーシアムのリーダーを務めました。

 Sementara dari pihak China, bergabung lima perusahaan, yaitu China Railway International Company Limited, China Railway Group Limited, Sinohydro Corporation Limited, CRRC Corporation Limited, serta China Railway Signal and Communication Corp.

一方、中国側からは、中国鉄道国際有限公司、中国鉄道集団有限公司、シノハイドロ・コーポレーション・リミテッド、中車集団有限公司、中国鉄道信号通信有限公司の5社が参加しました。

 Di Indonesia, keempat BUMN tersebut membentuk badan usaha bernama PT PSBI. Adapun pihak China membentuk konsorsium China Railway

インドネシアでは、これら4つの国有企業がPT PSBIという事業体を設立しました。中国側は中国鉄道コンソーシアムを結成しました。

. Kedua pihak kemudian mendirikan konsorsium bersama dengan nama PT KCIC. Dalam struktur kepemilikan, PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia memegang 60 persen saham KCIC, sedangkan 40 persen sisanya dikuasai konsorsium China.

その後、両者はPT KCICという名称の合弁コンソーシアムを設立しました。所有構造は、PTピラール・シネルギ・バンムン・インドネシアがKCICの株式の60%を保有し、中国コンソーシアムが残りの40%を保有しています。

 

今日も買ったドリアン 三日分、1パック7万ルピア(650円くらい)

https://enplaextindonesia.livedoor.blog/archives/7601825.html

ドリアンを食べたことがある?いい匂いだよ。

 

金型が破損しているが、長い間、このままになっている。

Comment    この記事についてブログを書く
  • X
  • Facebookでシェアする
  • はてなブックマークに追加する
  • LINEでシェアする
« (^_-)-☆終戦記念日 | TOP | (^_-)-☆自炊初め »
最新の画像もっと見る

post a comment

サービス終了に伴い、10月1日にコメント投稿機能を終了させていただく予定です。

Recent Entries | 状況