Gadget and Business Information

This site talk about Gadget and Business Information For You

Beginilah Daftar Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi Tahun Ini

2017-06-17 | Gadget

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan mengirimkan perwakilan guru dan tenaga kependidikan (GTK) untuk maju dalam Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi ke tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun ini. Hal itu menyusul hasil penilaian Lomba Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi Tingkat Kota Solo 2017 dengan jumlah juara untuk masing-masing kategori sebanyak 21 orang. Baca Juga : Cek Status NUPTK, Cek SKTP Guru Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Sulardi, mengemukakan, pihaknya segera mempersiapkan 21 juara dalam lomba GTK berprestasi tingkat kota tersebut. “Untuk kepastian waktu pembinaan dan pelaksanaan lomba di tingkat provinsi, kami masih menunggu informasi lebih lanjut. Yang jelas mereka akan dipersiapkan,” ungkap Sulardi ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/4/2017). Sulardi mengatakan, Disdik Solo berharap perwakilan yang maju di tingkat provinsi nanti juga dapat mempertahankan gelar Juara Umum yang kerap diraih Kota Solo sejak 2011 serta terpilih mewakili Provinsi Jawa Tengah ke tingkat nasional. Sebagai informasi, tahun ini di tingkat Kota Solo, kompetisi tersebut dari awal diikuti 190 peserta, mulai dari tingkat guru TK, kepala TK, guru SD, kepala SD, pengawas TK/SD, guru SMP, dan kepala SMP. Artikel Terkait : Cek PTK , Info PTK , Login PTK , Cek Dapodik Untuk materi seleksi dalam pemilihan GTK berprestasi 2017 meliputi dokumen fortopolio lima tahun terakhir, penilaian kinerja guru untuk satu tahun terakhir, tes tertulis yang terdiri atas tes penguasaan kompetensi profesional dan wawasan kependidikan, lalu penilaian tindakan kelas dan artikel ilmiah serta paparan artikel, dan tanya jawab. Berikut Data Juara Lomba Guru Berprestasi Tingkat Kota Solo 2017: Guru TK Juara 1 Oktaviana Sri Rejeki dari TK Marsudirini Juara 2 Paryanti dari TK Al Islam 5 Grobagan Juara 3 Luluk Wijayanti TK Cita Ananda Kepala TK Juara 1 Iin Mayylani dari TK Al Azhar Syifa Budi Juara 2 Yuliana Suwanti dari TK Kanisius Semanggi Juara 3 Atik Triwiyati dari TK Al Firdaus Surakarta Guru SD Juara 1 Subkhi Widyatmoko SDN Slembaran Juara 2 Suci Rohayati SDN Sambirejo No 148 Juara 3 Andi Arfianto SD Muhammadiyah Program Khusus Kepala SD Juara 1 Suwarto SDN Pucangsawit Juara 2 Surati SDN Mangkubumen Kidul No 16 Juara 3 Petrus Sunardi SD Kanisius Keprabon 2 Pengawas TK/SD Juara 1 Ahmad Andang UPTD Pendidikan Banjarsari Juara 2 Sri Wahyuni UPTD Pendidikan Serengan Juara 3 Sri Lestari UPTD Pendidikan Jebres Guru SMP Juara 1 Herni Budiati SMPN 22 Juara 2 Sri Rahayu SMPN 15 Juara 3 Liestyani Dhamayanti SMPN 12 Kepala SMP Juara 1 Nugroho SMPN 8 Juara 2 Joko Setyo BW SMPN 7 Juara 3 Jaka Rusdiyanta SMPN 21 Kegiatan yang dihelat oleh PGRI Ranting Mranggen ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kankemenag Kab. Demak, H Muhammad Thobiq. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa sudah saatnya dunia pendidikan khususnya guru merespon perkembangan teknologi dan meng-upgrade wawasan serta meningkatkan kemampuan dirinya dalam mendidik siswa-siswinya. “Guru madrasah harus merubah mindset dari pola mengajar tradisional menuju pola digital. Tantangan mewujudkan kompetensi lulusan yang unggul di era global itu ditentukan di ruang kelas,” jelasnya. Artikel Terkait : Cek Akreditasi Universitas Kegiatan yang bertema in House Training PTK ini mendatangkan narasumber Widyaiswara Ahli Madya dari Balai Diklat Keagamaan Jawa Tengah, Hj. Amiroh Ambarwati. Ia mengatakan, banyak pengalaman dan ilmu yang harus dimiliki guru. Mulai dari cara mengajar yang mengasyikkan untuk siswa, termasuk cara mengajar yang menyenangkan. Guru bertindak sebagai fasilitator, koordinator, mediator dan motivator kegiatan belajar peserta didik. Dalam peningkatan kualitas atau mutu pendidikan, jelasnya, bukan hanya siswa yang dievaluasi. Melainkan juga para guru juga harus bisa mengevaluasi diri. “Karena itu, guru juga harus lebih proaktif meningkatkan kapasitas dan pengetahuannya. Tujuannya, agar siswa yang akan mewarisi ilmu gurunya tidak monoton. Di lain sisi, guru juga diminta lebih bijak menghadapi siswanya.” ungkapnya. Lebih lanjut, ia mengajak para guru agar menemukan masalah pembelajaran apa saja yang ditemui di kelas, mengapa masalah tersebut terjadi dan menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Ia pun menjelaskan penggunaan berbagai metode, alat dan media dalam pembelajaran di dalam kelas mulai dari pemberian contoh, gambar, pembentukan tim, peta pikiran, ivestigasi kelompok, jigsaw, dan lainnya. Sumber: Disdik Solo (sry)

ジャンル:
ウェブログ
コメント   この記事についてブログを書く
この記事をはてなブックマークに追加
« Beginilah Cara Mudah dan Ce... | トップ | Sekarang MNC Play Berikan I... »

コメントを投稿


コメント利用規約に同意の上コメント投稿を行ってください。

数字4桁を入力し、投稿ボタンを押してください。

あわせて読む

トラックバック

この記事のトラックバック  Ping-URL
  • 30日以上前の記事に対するトラックバックは受け取らないよう設定されております。
  • 送信元の記事内容が半角英数のみのトラックバックは受け取らないよう設定されております。
  • このブログへのリンクがない記事からのトラックバックは受け取らないよう設定されております。
  • ※ブログ管理者のみ、編集画面で設定の変更が可能です。